IKLAN

Mitra Finalis Pemanfaatan TOGA Tingkat Nasional Wakili Sulut


Sekda Ir Farry Liwe MSc didampingi dr Rinny Tamuntuan saat menyambut tim penilai pemanfaatan TOGA yang dipimpin oleh Dra Meinarwati Apt MKes

Sekda Ir Farry Liwe MSc didampingi dr Rinny Tamuntuan, saat menyambut tim penilai pemanfaatan TOGA yang dipimpin oleh Dra Meinarwati Apt MKes.

RATAHAN — Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) berhasil masuk final pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) mewakili Sulut, setelah dilakukan penilaian oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr Rinny Tamuntuan, Kemenkes telah melakukan penilaian dan Mitra berada pada posisi tiga besar.

“Kita sudah berhasil masuk dalam tiga besar dalam penilaian dari Kemenkes. Sekarang penilaiannya untuk penentuan juara satu dalam penilaian ini,” kata Tamuntuan di Ratahan.

Menurutnya, penilaian yang dilakukan oleh Kemenkes dan telah berada pada posisi tiga besar,  itu berarti pemanfaatan TOGA di Mitra telah berjalan dengan baik.

“Ini merupakan kebanggaan karena pemanfaatan TOGA di Minahasa Tenggara telah berjalan dengan baik, khususnya di Desa Tolombukan,”  ujarnya

Dia mengungkapkan kedatangan tim penilai tersebut dipimpin oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Dra Meinarwati Apt MKes, Kemendagri, serta Pusat Informasi Kesehatan dan disambut langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Farry Liwe MSc.

Sementara itu Liwe mengatakan, prestasi yang diraih tersebut merupakan hal yang membanggakan. Dia juga menilai pengembangan TOGA sejalan dengan kebijakan pemerintah terkait pemberdayaan masyarakat.

“Ini tentunya merupakan prestasi yang membanggakan, apalagi dengan kebijakan pemerintah daerah saat ini yang lebih memberdayakan peran masyarakat termasuk dalam pengembangan obat tradisional bagi keluarga,” ujarnya. (fensen)

 

Manado Fiesta 2017