IKLAN

Menteri Perdagangan RI Pantau Lokasi Pelabuhan Internasional dan KEK


Menteri Perdaganagan RI saat mengunjungi Kota Bitung, Minggu (8/11)

Menteri Perdaganagan RI saat mengunjungi Kota Bitung, Minggu (8/11)

BITUNG-Menteri Perdagangan Republik Indonesia  Thomas Lembong  bersama rombongan, Minggu (8/11), melakukan kunjungan kerja di Kota Bitung. Kehadiran Menteri Perdagangan dan rombongan di Kota Cakalang diterima oleh Wakil Walikota Bitung M. J. Lomban, SE. M.Si bersama GM Pelindo Bitung dan Kepala Bea Cukai Bitung serta Pejabat Pemkot Bitung.

Kunjungan Kerja ini dalam rangka memantau perkembangan kota Bitung yang  dicanangkan sebagai solusi Pusat Pertumbuhan Ekonomi di kawasan Indonesia Bagian Timur. Menteri bersama rombongan melakukan pantauan langsung perkembangan pembangunan Kota Bitung dimana ditetapkannya Pelabuhan Samudera Bitung sebagai Pelabuhan Internasional dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bertempat di pelabuhan petikemas kota Bitung yang dilanjutkan di  lokasi KEK Bitung.

Dalam laporannya, Lomban menyampaikan  bahwa kota Bitung yang ditetapkan sebagai Pelabuhan Internasional dan Kawasan Ekonomi Khusus oleh Pemerintah Pusat telah berada dalam tahap pembangunan. Untuk itu dimintakan kepada Pemerintah Pusat khususnya dari Kementrian Perdagangan agar menseriusi dan memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan ini.

“Kota Bitung yang penghasilan terbesarnya berasal dari perikanan mengalami penurunan akibat dari moratorium Menteri Perikanan, dampaknya banyak buruh yang bekerja di pabrik ikan kaleng dirumahkan, Kami selalu menyampaikan hal ini ketika pejabat pusat melakukan kunjungan kerja di kota Bitung, agar hal ini diberi kebijaksanaan, “ tuturnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan menerima saran dan masukan untuk ditindaklanjuti. (jones)

 

Manado Fiesta 2017