IKLAN

MenPAN: Akuntabilitas Kinerja Dua Predikat B, 12 Kab/Kota Sulut Didesak Berinovasi


MANADO-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MEN-PANRB), Yuddy Chrisnandi mengatakan semua komponen di Sulawesi Utara (Sulut) lebih memacu akuntabilitas kinerja. Pasalnnya dari penilaian evaluasi hanya 2 daerah mendapat predikat B.

Menteri

Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi saat membuka FORK3PANRB dihadiri Wakil Gubernur Steven Kandouw para Bupati, Wali Kota se-Sulut, para pejabat eselon 2 lingkup Pemprov, ASN dan unsur Forkopimda di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur, Kamis (12/5) (foto:Kandi/ML)

Yuddy saat membuka acara Forum Koordinasi, Komunikasi dan Konsultasi PANRB (FORK3PANRB) di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur menambahkan sejak 2014 Kementerian PANRB menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik.

Namun dalam kurun waktu 3 tahun hanya ada 1 inovasi dari wilayah Sulut masuk TOP 99, yaitu Jaminan Kesehatan Semesta (Universal Health Coverage) dari Kota Manado pada 2014,”tutur Yuddy.

“Saya berharap agar unit-unit layanan di wilayah Provinsi Sulut lebih aktif untuk berinovasi ataupun melakukan replikasi dari berbagai inovasi yang ada dalam TOP 99 selama 3 tahun terakhir ini,” ujarnya.

Diketahui, Menteri Yuddy apresiasi Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja 2015.

Dimana, hanya Pemerintah Sulut dan Kota Manado mendapat Kategori B, dua kabupaten/ kota memperoleh predikat CC, dan sisanya sebanyak 12 kabupaten/kota memperoleh predikat C.

Predikat CC dan C tersebut menunjukkan masih banyak area perbaikan yang dapat dilakukan,”terangnya.

Oleh sebab itu, Yuddy meminta pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota di Sulut untuk terus meningkatkan upaya dalam penerapan manajemen berbasis kinerja dan jika diperlukan dapat meminta bantuan asistensi dari Kementerian PANRB,”kuncinya.(srikandipangemanan)

 

Manado Fiesta 2017