IKLAN

Menko Perekonomian: Raih WTP, Bukti Nyata Pemkot Manado Melawan Korupsi


image

Menteri Keuangan, Bambang PS Brodjonegoro saat menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut di Gedung Dhanapala, Jakarta, Jumat (2/10)

JAKARTA — Di tengah gencarnya isu black campaign yang dihembuskan kubu tertentu menjatuhkan kandidat incumbent Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL), Kementerian Keuangan justru secara resmi menyerahkan penghargaan khusus kepada Pemkot Manado karena sukses mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas pengelolaan keuangan dan aset daerah tahun 2014 beberapa waktu lalu.

Penghargaan yang diberikan Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang PS Brojonegoro di Gedung Dhanapal, Jumat (2/10), Wali Kota GSVL satu dari 50 kepala daerah se Indonesia. Ini seakan menjadi jawaban dari beragam fitnah yang digencarkan kubu tertentu ke GSVL yang akan mencalonkan diri 9 Desember nanti berpasangan dengan Mor Bastiaan.

Menko Perekonomian Darmin nasution yang membuka langsung Rapat Kerja Nasional Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2015 di Jakarta, menegaskan, kepala daerah yang sukses menjadikan daerahnya meraih WTP patut diberikan apresiasi khusus. Pasalnya, mendapatkan opini WTP dari BPK bukan pekerjaan mudah. Butuh komitmen dan keseriusan kepala daerah beserta jajarannya untuk mempelopori pemberantasan korupsi dan penyelewengan anggaran.

“Kita harus apresiasi lebih kepada kepala daerah yang daerahnya mendapatkan opini WTP dari BPK. Tentu itu adalah bukti nyata kepala daerahnya  berperang melawan korupsi dan itu bukan hal mudah untuk dilakukan,” tegas mantan Gubernur Bank Indonesia itu saat memberikan sambutan. Ia menuturkan, kinerja kepala daerah yang bisa menjaga aparaturnya mengelola keuangan secara transparan, merupakan salah satu revolusi mental yang layak dipertahankan. Apalagi, hanya sebagian kecil saja daerah yang bisa mendapatkan WTP.

Sekadar diketahui, Pemkot Manado dibawa pemerintahan GSVL sebagai Wali Kota baru kali ini mencatat sejarah mendapatkan penilaian opini WTP dari lembaga negara atas pengelolaan keuangan dan aset daerah tahun 2014. Padahal tahun anggaran 2010, GSVL Wali Kota mendapat warisan opini disclaimer dan tidak wajar dari BPK.

Meski demikian, rapor merah yang didapatkan Pemkot Manado di awal GSVL menjabat dijadikan cambuk tersendiri untuk membenahi pengelolaan keuangan. GSVL membuktikan tekad itu. Di tahun anggaran 2011, laporan keuangan Pemkot Manado mendapat Opini Tidak Wajar. Disusul tahun 2012 dan 2013, mendapat WDP (Wajar Dengan Pengecualian). Dan tahun 2014, usaha kerja keras GSVL dan jajarannya membuahkan hasil dengan mendapatkan opini WTP.

“Inilah bukti nyata dan karya Pak Wali Kota GSVL bersama masyarakat selama ini untuk menjadikan Pemkot Manado bersih dan bebas temuan. Tentu saja masyarakat berharap, pencapaian itu bisa terus dilanjutkan,” kata Ketua LP3K, Albert Wales. (antoreppy/rsc)