IKLAN

Mendagri Akui Banyak Pemekaran Daerah Tertunda, Ini Penyebabnya  


Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo

JAKARTA – Keinginan sejumlah daerah di Indonesia untuk segera berdiri otonom, rupanya harus banyak bersabar. Hingga saat ini, masih banyak daerah yang mengajukan pemekaran tapi belum disahkan.

Tercatat tahun ini ada 199 usulan daerah pemekaran baru yang masuk ke meja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sementara 87 usulan pemekaran baru yang tertunda pengesahannya saat masa sidang DPR tahun 2014 lalu.

Hal ini disampaikan Mendagri, Tjahjo Kumolo di sela-sela pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat PIM) Pemerintah Dalam Negeri Angkatan I tahun 2016 di Jakarta yang dilaksanakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri RI, Jumat (22/4).

Kumolo pun menjelaskan penyebab belum bisa disahkannya usulan pemekaran daerah baru hingga saat ini. Salah satu daerahnya belum siap.

“Satu daerah harus memiliki kejaksaan, kepolisian dan koramil sendiri,” kata Kumolo memberi contoh.

Menurutnya, ada daerah yang kejaksaan, kepolisian dan TNI pemimpinnya masih merangkap.

“Memang untuk memekarkan itu hak daerah. Tapi ingat, harus lihat semua aspek mendukung daerah itu bisa otonom,” jelasnya sembari mengatakan, ada provinsi yang sudah mengusulkan tapi belum dimekarkan.

“Karena terkendala Kodimnya merangkap dua daerah. Ini belum bisa disetujui,” pungkasnya. (antoreppy/bmc)

 

 

Manado Fiesta 2017