IKLAN

Membanggakan! 9 Sekolah di Manado Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional 2014


Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan bersama sembilan Kepala Sekolah di Manado saat menerima penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional 2014 di Jakarta

Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan bersama sembilan Kepala Sekolah di Manado saat menerima penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional 2014 di Jakarta

MANADO—Wakil Walikota Manado Dr.Harley Mangindaan SE.MSM mewakili Pemerintah Kota Manado menghadiri puncak acara pemberian Penghargaan Adiwiyata dan Sarasehan Adiwiyata Nasional, Senin, (22/12) bertempat di Auditorium Manggala Wanabakti,Jakarta Pusat.

Kegiatan ini dalam rangka pengembangan pendidikan lingkungan hidup. Program Adiwiyata ini dikembangkan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, propinsi, nasional dan mandiri.

Kegiatan ini diikuti 6.400 sekolah yang mengikuti program Adiwiyata dan 1.161 telah mencapai kriteria Adiwiyata Nasional dan 290 sekolah telah mencapai kriteria Adiwiyata Mandiri.

Untuk Kota Manado ada 9 sekolah yang masuk dalam Adiwiyata Nasinal 2014 dari 498 sekolah se indonesia. Kegiatan ini dirangkaikan dengan Hari Cinta Puspada Satwa Nasional(hcpsn).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Basweden Ph.D, mengaku bersyukur bisa hadir bersama para guru dan sekolah yang giat membangun lingkungn hidup. “Institusi pendidikan harus berada di garis depan untuk membangun lingkungan hidup,” ujar Anis.

Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.M.Sc dalam sambutannya mengatakan pendidikan lingkungan merupakan salah satu strategi utama dalam mengatasi lingkunganhidup di sekitar. “Pemahaman tentang lingkungan hidup perlu dibangun agar masyarakat dapat memahami potensi ,tata cara pengelolaan serta antisipasi dampak lingkungan” ujar Siti Nurbaya.

Wawali Manado Harley Mangindaan, mengatakan pemahaman yang cukup semenjak di bangku sekolah maka akan mendorong partisipasi masyarakat untuk peduli lingkungan.”Perubahan prilaku peduli lingkungan dapat diterapkan di sekolah karna anak didik merupakan wajah masa depan .rubah prilaku membuang sampah,menjadi mengelola sampah agar di kemudian hari siswa tersebut bisa memberi contoh dikeluarga.”ujar Wawali didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Manado Heri Saptono. Ikut hadir dalam kegiatan itu Sembilan kepala sekolah penerima Adiwiyata Nasional masing-masing SDN 48 Manado, SMPN 7 Manado, SMA 2 Manado, SMA 3 Manado, SMA N 9 Manado, SMA N 8 Manado, SMK N1 Manado, SMKN 4 Manado, SMK N5 Manado. (mc)