IKLAN

Kunker Komisi A DPRD Kota Manado

Mekanisme Pengurusan Ijin, Tidak Menumpuk dan Cepat


Kunker Komisi A DPRD Kota Manado

Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Kota Manado.

Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Kota Manado.

MANADO – Anggota DPRD Kota Manado dari Komisi A melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DKI Jakarta. Dalam kunker para wakil rakyat ini, membahas masalah perijinan di pemerintah.

“Disini, masalah pengurusan ijin ditata lebih baik dan tidak tertumpuk pada satu instansi saja,” kata anggota Komisi A DPRD Kota Manado, Arthur Paath, kepada manadoline.com, Sabtu (12/09).

Dijelaskan Paath, pengaturan pengurusan perijinan juga disebar di Kota Kabupaten, hingga kantor Kecamatan dan Kelurahan.

“Pengurusan ijinnya disini ada namanya Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP). Uniknya dari kebijakan mereka, pengurusan perijinan juga disebar di kecamatan dan kelurahan dengan membentuk Satuan Pelaksana sehingga ada ijin yang bisa diurus di BPTSP tapi ada juga yang diurus di kecamatan dan kelurahan,” jelas Paath.

Kebijakan serta mekanisme pengurusan ijin seperti ini, menurutnya sangat membantu dan pengurusannya tak tertumpuk dan terlalu lama. “Kami mendapat penjelasan, bahwa jika semua persyaratan perijinan lengkap, maka perijinan bisa langsung diterbitkan, termasuk pada tingkatan kecamatan dan kelurahan ijinnya langsung ditandatangani oleh kepala seksi yang ditugaskan,” ungkap Paath.

Paath menambahkan, hasil kunker ini jadi bahan kajian dan dimungkinkan untuk diterapkan di Kota Manado. Personil komisi A yang melakukan kunker, Wakil Ketua Komisi A Robert Tambuwun, dan anggota masing-masing Arthur Paath, Bambang Hermawan, Roy Maramis. (christian)