IKLAN

MEA Bukan Tantangan tapi Peluang


Walikota Bitung (tengah) dan Kadis PU Bitung (kiri)

Walikota Bitung (tengah) dan Kadis PU Bitung (kiri)

BITUNG-Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSI mengahdiri seminar nasional dengan tema “Strategi dan Arah Pengembangan Kebijakan Smart City di Indonesia Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN” di Jakarta, Selasa (26/4).

Seminar tersebut dirangakiakn dengan hari Otda yang selenggarakan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri dan dibuka oleh Wakil Presiden HM Jusuf Kalla serta diikuti para  para kepala daerah, anggota parlemen, akademisi dan pengusaha.

Menurut Lomban, lewat arahan Wapres diungkapkan bahwa Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) itu bukan tantangan, melainkan peluang. Dia menganggap tantangan itu konotasinya negatif,  sebab kalau tantangan, yang kita hadapi kayak hantu. Wapres juga mengajak para kepala daerah dan birokrat berpikir seperti pengusaha yang selalu melihat peluang di setiap hambatan, apalagi pada saat MEA itu diimplementasikan.

“Masak kita takut sama Kamboja, Thailand. Di MEA ini kita punya peluang. Jual barang ke Malaysia, tidak ada tangkap-tangkapan lagi, kirim tenaga kerja juga bebas, tapi tentu ada aturannya juga,” ujar Lomban, mengutip arahan Wapres.

Wapres juga mengingatkan para kepala daerah bahwa untuk memanfaatkan peluang pasar bebas di kawasan Asia Tenggara tersebut agar tidak menghindari perkembangan teknologi informasi, apalagi kepala daerah yang akan membangun daerahnya dengan konsep “smart city”. (jones)