IKLAN

Masyarakat Menilai Percontohan Pasar Sehat Sulit Terwujud


Pasar Winenet Bitung

Kondisi Pasar Winenet Bitung

BITUNG-Tekad Pemerintah Kota Bitung untuk menjadi percontohan pasar sehat bagi Kabupaten/Kota lain, mendapat tanggapan beragam dari kalangan masyarakat.  Darma Baginda, aktivis Kota Bitung kepada manadoline.com, Kamis (14/5), meragukan hal tersebut bisa terwujud.

 

“Tekad Pemkot untuk menjadi percontohan pasar sehat perlu diapresiasi, tetapi hal tersebut sulit untuk diwujudkan. Kompleksnya persoalan terkait penataan pasar dikota Bitung yang sangat amburadul, sampai saat ini masih belum terselesaikan diantaranya pasar Girian, pasar Winenet dan pasar Sagerat,” ungkap Baginda.

 

Peraturan Presiden RI nomor 112/2007 tentang penataan dan pembinaan pasar Tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern, serta Permenkes RI nomor 519/MENKES/SK/VI/2008 tentang pedoman penyelenggaraan pasar sehat, menuntut langkah tegas pihak Pemkot Bitung untuk menata pasar yang ada, bahkan keberanian merelokasi para pedagang di pasar tradisional Girian yang jelas sangat mengganggu arus lalulintas.

 

“Kesan kumuh, jorok dan tidak sehat sangat kental terpancar dari beberapa pasar strategis yang ada di Kota Cakalang sangat kontras dengan kriteria pasar sehat sesuai dengan Perpres dan Permenkes. Bagaimana mungkin mewujudkan sesuatu hal yang sampai saat ini masih belum terselesaikan akar permasalahannya, karena pihak Pemerintah dalam hal ini instansi terkait terkesan tidak berani mengambil langkah kebijakan,” pungkasnya. (jones)

 

Manado Fiesta 2017