IKLAN

Masloman Sebut Gapensi Bitung Tidak Siap Hadapi MEA


Isnaini Masloman, ST

Isnaini Masloman, ST

BITUNG-Memasuki pasar bebas Asia atau biasa di sebut Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), harus diimbangi dengan persiapan tenaga kerja lokal yang profesional dibidang nya masing-masing, khususnya jasa konstruksi. Tukang harus dibekali dengan sertifikasi lewat Pendidikan dan Latihan.

“Dewan Pimpinan Cabang Gabungan Pengusaha Indonesia Kota Bitung, terkesan tidak siap hadapi MEA,” ujar Isnaini Masloman, ST Ketua Bidang Sertifikasi DPD Gapensi Sulut, Selasa (16/2).

Menurutnya, menghadapi MEA, seharusnya Gapensi Bitung pro aktif untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas dan profesional sesuai bidangnya. Hal ini sangat penting karena sertifikasi menjadi amanat Undang-undang tenaga kerja.

“Disamping itu, tidak menutup kemungkinan bahwa sertifikasi akan menjadi salah satu syarat mutlak bagi para tukang khususnya bidang konstruksi, jangan sampai tenaga kerja lokal hanya menjadi penonton lajunya pembangunan di Kota Bitung,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihak Gapensi Kota Bitung harus jeli menyikapi dinamika MEA, langkah antisipasi harus segera dikongkritkan lewat program kerja yang bisa menjamin tenaga kerja lokal, sehingga tidak kalah bersaing dengan tenaga kerja dari luar.

“IHP, KEK dan berbagai proyek nasional dan internasional hadir di Kota Bitung, jangan sampai tenaga kerja lokal hanya menjadi penonton atau dengan kata lain tereliminasi dalam persaingan global,” pungkasnya. (jones)