IKLAN

Marpaung Resmi Gantikan Sinaga Kapolda Sulut, Putra Kawanua Jabat Kapolda Bali


sertijab-kapolda-310809JAKARTA – Mabes Polri kembali melakukan mutasi jabatan untuk perwira menengah dan tinggi. Irjen Pol Ronny Franky Sompie yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Humas Polri menjadi Kapolda Bali menggantikan Irjen Albertus Julius Benny Mokalu, yang kini menjabat Staf ahli Kapolri.

“Iya, dasarnya Keputusan Kapolri Nomor Kep/182/III/2015, Tanggal 5 Maret 2015 dan dibuatkan Surat Telegram Nomor ST/494/III/2015 tanggal 5 Maret 2015,” Kata Ronny, Jumat (6/3/).

Ronny mengatakan untuk posisi Kadivhumas Polri saat ini dijabat oleh Brigjen Pol Anton Carliyan. Anton sebelumnya menjabat Kepala Biro Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Karobindiklat) di Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol).

“Kalau pengganti ini memang hasil wanjak Polri di pimpin oleh Wakapolri. Jadi Kadivhumas ini banyak calonnya termasuk Pak Ketut Yoga,” kata Ronny.

Selain Kapolda Bali, kata Ronny, Polri juga merotasi Kapolda Sulawesi Utara dan Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kapolda Sulut Jimmy Palmer Sinaga yang memasuki masa pensiun digantikan Brigjen Pol Wilmar Marpaung. Sebelumnya Brigjen Pol Wilmar Marpaung menjabat Kepala Biro Pembinaan Operasional Polri. Marpuang sendiri diketahui sudah taka sing lagi untuk warga Sulut. Dirimya pernah menjabat Direktur Reserse dan Kriminal Polda Sulut dan juga pernah Kapolres Bitung.

Sementara Kapolda DIY Brigjen Pol Urip Soebagyo dipindahtugaskan ke Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) menjadi Wakil Bidang Penelitian dan Pengembangan dan Teknologi Kepolisian. Posisi Brigjen Urip digantikan Kombes Pol Erwin Triwanto, yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Pengkajian Sosial Masyarakat di PTIK. (anto reppy/bpr)