IKLAN

Manado dan Bitung Target Pembangunan Indonesia Timur


Rakor Kabupaten/Kota se-Sulut, Perwakilan DPR-RI dan DPD-RI Dapil Sulut bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut

Rakor Kabupaten/Kota se-Sulut, Perwakilan DPR-RI dan DPD-RI Dapil Sulut bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut

BITUNG-Manado dan Bitung menjadi target utama pemerintah pusat untuk membangun Indonesia Timur. Hal tersebut merupakan hasil koordinasi antara pemerintah pusat melalui Kementrian Ekonomi dan Maritim bersama Pemerintah Provinsi Sulut.

“Dari sembilan Kawasan Ekonomi Khusus yang ada di Indonesia, KEK Bitung menjadi Prioritas utama bersama dengan pembangunan jalan tol Manado-Bitung,” Kata Walikota Bitung Max J. Lomban dan Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri Sabtu (9/4), usai mengikuti Rapat Koordinasi Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Sulawesi Utara bersama Jajaran Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Sulut yang dipimpin Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dilaksanakan di Ballroom 3, Hotel Fairmont Senayan, Jakarta Pusat, pada hari Jumat (8/4).

Lomban mengatakan Rakor ini bertujuan untuk membuat Sulut lebih maju kedepan. dimana terealisasinya hal tersebut sangat bergantung pada Kerja sama yang baik antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah
Kabupaten/kota. Eksekutif dan legislatif harus jalan bersama dalam membangun Sulut dan berusaha semaksimal mungkin menghindari terjadinya ketersinggungan.

“Setiap daerah harus berbenah dengan mengagendakan pembangunan sebagai prioritas utama, sebab dari tiga triliun anggaran yang ada di Provinsi Sulut, hanya satu triliun yang akan di bagi ke kabupaten/kota se-Sulut, yang dalam pembagiannya tidak di samaratakan, melainkan mengedepankan skala prioritas.

“Artinya setiap daerah harus memiliki program perencanaan pembangunan yang dipersiapkan secara matang dan diusulkan ke pemerintah provinsi, nanti pemerintah Provinsi akan mempelajarinya, setelah itu dibahas bersama DPR baru kemudian ditentukan berapa besaran dana yang akan diberikan ke daerah tersebut,” pungkasnya. (jones)

 

Manado Fiesta 2017