IKLAN

Malam Ini 180 Turis Hongkong Landing Manado, Wagub: Bunaken Harus Bebas Pungutan


Wagub Sulut, Steven Kandouw bersama Direktur Komersil Citilink Hans Nugroho dan para pelaku pariwisata saat rapat persiapan robongan Turis Hongkong akan berkunjung ke Manado

Wagub Sulut, Steven Kandouw bersama Direktur Komersil Citilink Hans Nugroho dan para pelaku pariwisata saat rapat persiapan robongan Turis Hongkong akan berkunjung ke Manado

MANADO – Setelah pecan lalu sekitar 200 turis Tiongkok, hari ini giliran 180 turis Hongkong plus wartawan berkunjung ke Kota Manado. Selama di Manado, mereka akan mengunjung tempat-tempat wisata yang tersebar di sejumlah daerah Kab/Kota di Sulut, tak terkecuali tempat wisata andalan Manado, Pulau Bunaken.

Ratusan turis Hongkong ini tiba dengan penerbangan komersil Citilink Hongkong-Manado.

Soal kunjungan tempat wisata, terutama Pulau Bunaken, Pemprov Sulut berharap perhatian pihak terkait soal kenyamanan. Sebab menurut Wagub Sulut, Steven Kandouw, itu menjadi poin penting menjaga citra daerah di mata wisatawan.

“Terutama adanya pungutan-pungutan di Pulau Bunaken dihilangkan. Jika masih ada lagi, kami akan menurunkan polisi pariwisata yang segera dibentuk dan ditempatkan di beberapa titik di Bunaken,” tegas Kandouw saat rapat koordinasi kunjungan wisatawan China di ruang kerjanya, Senin (11/7).

Sebagai daerah kunjungan wisata, harus diutamakan service kepada para wisatawan. Jika di Pulau Bunaken masih ada pungutan lagi, akan berdampak juga bagi income pemerintah daerah.

“Di selurub pos, terutama di beberapa titik vital akan ditempatkan polisi pariwisata,” ujarnya.

Ini dilakukan menurut Kandouw, agar turis bisa merasa nyaman berkunjung ke Manado. “Seperti pelabuhan penyeberangan Bunaken, akan ditempatkan polisi pariwisata lengkap,” ungkapnya.

Dalam rapat dihadiri Dinas Pariwisata Sulut dan Kota Manado, Pam Ovi Polda Sulutt, PLN, Telkomsel, Dinas Kesehatan, Angkasa Pura, MM Travel, dan juga Balai Taman Laut Bunaken.

Rata-rata mendukung pemerintahan OD-SK dalam menaikkan kunjungan wisatawan ke Kota Manado dengan berbagai perbaikan, diantaranya, Sarana Listrik untuk Bunaken lewat jalur bawah laut dan tempat-tempat destinasi pariwisata di Sulut serta jaringan komunikasi internet bakal dibuat lebih baik lagi.

“Saya bermimpi nantinya kita bisa memiliki helikopter agar dapat lebih cepat menangani jika ada turis yang mengalami insiden saat datang berlibur di daerah ini,” harap Kandouw. (kandi/*)