IKLAN

Maksimalkan Program Kebersihan, DLH Datangkan Road Sweeper Ramah Lingkungan


Sekretaris DLH Sonny Takumansang saat berada didekat Road Sweeper.

MANADO – Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membuat langkah cepat dalam program penanganan masalah kebersihan. Buktinya, sesuai yang dipaparkan Kepala Dinas LH Yohanis B Waworuntu beberapa waktu lalu dalam rapat evaluasi, mobil Road Sweeper (kendaraan penyapu jalan) sudah didatangkan.

“Road Sweeper didatangkan sudah merupakan program terobosan yang direncanakan pihak DLH. Selain kecanggihannya dalam membersihkan sampah, mobil penyapu jalan ini juga bisa meminimalisir biaya-biaya lain yang dikeluarkan,” tukas Kadis Waworuntu.

Lanjut dikatakan, kendaraan penyapu jalan atau disebut Road Sweeper merupakan jenis kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menyapu jalan raya secara otomatis.

“Fungsi kendaraan penyapu jalan ini adalah mengumpulkan sampah dan menyedot sampah-sampah tersebut ke dalam bin-bak sampah yang terbuat dari stainless steel sehingga tahan dari karat. Kendaraan penyapu road sweeper tersebut dioperasikan cukup oleh satu orang. System pengoperasikan kendaraan penyapu jalan menggunakan elektrikal hydraulis, sehingga sangat memudakan untuk mengoperasikannya,” jelas Kadis Waworuntu.

Pegawai DLH yang mengambil foto dengan road sweeper.

Tambahnya, kendaraan penyapu jalan menggunakan bahan bakar solar, dimana bahan bakar ini tergolong bahan bakar sangat irit digunakan dan dengan mesin sudah standard euro-3, yang dijamin ramah lingkungan.

“Kendaraan penyapu jalan mempunyai area penyapuan 3 meter lebar jalan dengan kecepatan kendaraan 20 km/jam. Sehingga sangat efektif dan efisien untuk melakukan pekerjaan penyapuan di jalan raya dan jalan-jalan komplek. Dalam satu jam pekerjaan dapat menyapu area seluas 60.000 meter. Dengan menggunakan kendaraan penyapu jalan sangat dapat menghemat biaya pekerja penyapu manual, dan menghindari resiko kecelakaan pekerja penyapu. Pekerja penyapu dapat ditingkatkan efektifitasnya untuk menyapu ditaman-taman,” terangnya.

Sebelumnya, dalam pemaparan Kadis LH Yohanis Waworunut dalam rapat evaluasi, Walikota Manado meminta agar kendaraan penyapu jalan ini dioperasikan diseputaran tikala dahulu. Terutama seputran area dalam kota, lapangan tikala dan kantor walikota. (stenly).