IKLAN

Luar Biasa… ! Bitung Raih WTP ke-4


Walikota Bitung saat menerima penghargaan optini WTP dari Kepala BPK Perwakilan Sulut

Walikota Bitung saat menerima penghargaan optini WTP dari Kepala BPK Perwakilan Sulut

BITUNG-Pemerintah Kota Bitung Kemali Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI)yang keempat kalinnya.

Penghargaan WTP Ini diserahkan oleh kepala BPK RI perwakilan Provinsi Sulawesi Utara Drs. Andi Kangkung Lologau, M.M, C.A, dan diterima Walikota Bitung Hanny Sondakh yang didampingi Ketua DPRD Kota Bitung Laurensius Supit, Kamis (4/6), bertempat di Aula kantor BPK-RI Perwakilan Provinsi Sulut.

 

Sondakh dalam sambutan mengatakan, perolehan opini WTP keempat dari BPK terhadap laporan hasil pemeriksaan Pemkot Bitung tahun 2014 murni didasarkan pada upaya pemerintah Kota Bitung belajar di daerah lain, serta konsistensi dari segenap SKPD dalam menata kelola keuangan APBD. Menata kelola keuangan mengacuh pada mekanisme perencanaan yang dibahas dengan DPRD Kota Bitung sehingga dapat diimplementasikan ke dalam program-program pembangunan tahun 2014, baik infrastruktur maupun kegiatan-kegiatan yang menunjang kepada pencapaian indeks pembangunan masyarakat.

 

“Pemkot Bitung menyampaikan rasa syukur dan berterimakasih kepada seluruh SKPD, Camat, Lurah serta pejabat fungsional di lingkungan Pemkot Bitung yang telah berhasil secara konsisten menyajikan laporan keuangan dengan baik sehingga BPK menetapkan Bitung berhak memperoleh opini WTP,” ungkap Sondakh.

 

Sondakh juga memberikan apresiasi Kepada BPK yang telah berkontribusi positif terhadap laporan hasil pemeriksaan, dan dari hasil tersebut masih banyak hal-hal dan rekomendasi yang perlu ditindaklanjuti untuk perbaikan. Hal ini tentunya merupakan saran dan motivasi untuk memperbaiki guna menjdi lebih baik dalam menata kelola aset, keuangan, dan hasil-hasil pembangunan serta sebagi motivator untuk terus membangun guna kesejahteraan masyarakat Bitung kedepan.

 

Sementara itu Kepla BPK Perwakilan Sulut menyampaikan, hasil Pemeriksaan BPK ini ditujukan terhadap laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintah yang betul betul riil murni, yang didasarkan kepada efektifitas sistem pengendalian internal dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Inilah yang menjadi dasar penilaian dan evaluasi BPK terhadap LKPD Pemkot Bitung sehingga memperoleh opini WTP,” “Jelas Lologau. (jones)