IKLAN

BNPB Langsung Usulkan ke Menkeu, Dipastikan Terealisasi

Lobi GSVL Sukses, Bantuan Bencana Manado Masuk Prioritas APBN 2015


BNPB Langsung Usulkan ke Menkeu, Dipastikan Terealisasi

Ki-Ka: Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi, Siswanto Budi Prasodjo, Direktur Penilaian Kerusakan, Neulis Zuliasri, Deputi Direktur RR Harmensya, Wali Kota Manado Vicky Lumentut, Kaban Bappeda, Bartje Assa, Kaban BPBD, Maximile Tatahede dan Kadis PU, Royke Mamahit

Ki-Ka: Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi, Siswanto Budi Prasodjo, Direktur Penilaian Kerusakan, Neulis Zuliasri, Deputi Direktur RR Harmensya, Wali Kota Manado Vicky Lumentut, Kaban Bappeda, Bartje Assa, Kaban BPBD, Maximile Tatahede dan Kadis PU, Royke Mamahit

MANADO— Bolak balik Manado-Jakarta memastikan bantuan bencana banjir bandang 15 Januari lalu yang memporak porandakan Kota Manado, Wali Kota GS Vicky Lumentut tak bosan-bosan bertemu pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Hasilnya? Kabar mengembirakan untuk warga Kota Manado, khusus korban bencana banjir bandang dan tanah longsor ketika itu. Pemerintah Pusat lewat BNPB memastikan bantuan itu akan segera turun. Hanya saja, bantuan bencana ini tidak lagi dikategorikan sebagai Bansos tetapi Rehabilitasi dan Rekonstruksi atau (RR).

“Sehingga proses pengucuran dana RR ini tidak lagi akan melalui sistem birokrasi yang panjang dan memakan waktu lama,” jelas Deputi Direktur RR BNPB, Harmensyah saat ditemui Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut didampingi SKPD terkait seperti Kaban Bappeda Bartje Assa, BPBD Kota Manado Maximile Tatahede dan Kadis PU, Royke Mamahit dan di ruang kerjanya di Kantor BNPB Jl. Abdul Muis Jakarta Pusat, Rabu lalu.

Harmensya yang diketahui mantan pejabat di Kementerian PU tersebut mengatakan, pihaknya akan mengadakan rapat bersama para pejabat Kementerian dan lembaga terkait dengan agenda, khusus memastikan usulan BNPB untuk bantuan bencana banjir dan tanah longsor di Kota Manado tidak akan bergeser lagi. “BNPB tinggal melengkapi dokumen yang diminta Kementerian Keuangan. Untuk itu kami harapkan hibah lahan relokasi untuk keluarga korban bencana agar dipastikan pengadaannya oleh Pemerintah Provinsi,” tukas Harmensya didampingi Direktur Penilaian Kerusakan, Neulis Zuliasri bersama Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi, Siswanto Budi Prasodjo.

Kelengkapan dimaksud Harmensya, terkait pembagian kewenangan penanganan bencana antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, terutama mengenai mekanisme pengucuran dana RR yang harus lebih cepat dan tepat menurut tahapan pra, bencana, hingga pasca bencana. “Karena setiap tahapan ada lex spesialisnya (ada kekhususannya) sehingga penanganan atau perlakuan terhadap masing-masing tahapan pasti berbeda,’’ jelasnya.

Mendengar pernyataan lampu hijau ini, GSVL, sapaan Wali Kota Manado bersama tim SKPD tah habis-habisnya mengucapkan terima kasih kepada BNPB yang dinilai tetap semangat bersama pemerintah kota memperjuangkan pengucuran dana bantuan RR sebagai hak untuk diterima masyarakat Kota Manado yang telah kehilangan rumah dan harta bendanya akibat banjir bandang dan tanah longsor 15 Januari 2014 lalu.

“Kedatangan kami kali ini menerima kabar baik dari BNPB. Berita baik ini akan kami teruskan kepada masyarakat Kota Manado korban bencana. Setibanya di Manado, kami akan semakin intens berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi memastikan penyiapan lahan relokasi warga korban bencana yang terletak di Kecamatan Bunaken,’’ ujar GSVL. (anto reppy)

 

Manado Fiesta 2017