IKLAN

Listrik Siladen-Bunaken Dikebut, Kandouw: Pulau Ini Potensi Besar Pariwisata


Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat menerima PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo diwakili oleh Deputy Manajer Hukum dan Humas, Jantje Rau lakukan koordinasi, Jumat (26/5/2017) di ruang kerja wagub kantor gubernur (foto:humaspemprov)

MANADO– Diam-diam, Pemerintah Provinsi (Pemprov) berkomitmen menggandeng PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo, mendukung pengembangan potensi pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di Pulau Bunaken dan Siladen.

Hal ini terungkap saat Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw didampingi Kadis ESDM  B.A Tinungki.MM menerima PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo diwakili oleh Deputy Manajer Hukum dan Humas, Jantje Rau untuk melakukan koordinasi, Jumat (26/5/2017) di ruang kerja Kantor Gubernur.

Pada pertemuan kali ini, PLN Suluttenggo menyampaikan kondisi kelistrikan Sulut saat ini yang tengah surplus sebesar 50 MW.

Dengan kondisi demikian, maka untuk penyaluran pasokan listrik yang optimal kepada pelanggan di daerah menjadi destinasi wisata guna menarik investasi yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah, pemerintah dapat membangun jaringan kabel listrik bawah laut yang menghubungkan Bunaken-Siladen.

Hal ini tentu saja mendapat tanggapan positif dari Wagub Steven Kandow yang memiliki program untuk meningkatkan sektor pariwisata daerah selama masa pemerintahannya.

Kandouw  mengatakan akan mempelajari dan berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk PLN untuk dapat mewujudkan pembangunan infratrukur kelistrikan di Siladen, mengingat pulau ini telah menjadi salah satu unggulan wisata Sulut yang terkenal akan keindahan alam bawah lautnya.

“Ini berkat perjuangan pak Gubernur Olly Dondokambey dalam upaya mensejahterakan masyarakat kedua pulau tersebut dan ini merupakan salah satu program operasi daerah selesaikan kemiskinan (OD-SK). Dengan adanya listrik ini pasti langsung memakas kelebihan muatan pengeluaran pelaku-pelaku pariwisata yang mengandalkan genset,” kata Kandouw.

Lanjutnya, Pulau Lembeh dan Pulau Bunaken, selain ada desa yang dihuni penduduk. Kedua Pulau tersebut menjadi pusat-pusat pertumbuhan pariwisata,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini PLN tengah melakukan proses pembangunan kabel listrik bawah laut 20 kV yang menghubungkan Manado dengan pulau Bunaken.

Lewat pembangunan ini, nantinya sistem kelistrikan di Bunaken akan interkoneksi dengan sistem kelistrikan Sulut-Go sehingga daya pasok dan penyaluran listrik di sana bisa lebih besar dan dapat memberi dampak pada semakin meningkatnya peluang usaha dan investasi di Bunaken.

Oleh karenanya, infrastruktur yang memadai perlu ada di Siladen agar peningkatan ekonomi dan wisata dapat pula dirasakan oleh masyarakat Siladen.

(srikandi/hm)