IKLAN

2015, Fokus Benahi Infrastruktur Cegah Bencana Banjir

Lewat Program Ron Manado Tadi Pagi, Ini Pesan GSVL Jika Hujan sudah Lebih 1 Jam


2015, Fokus Benahi Infrastruktur Cegah Bencana Banjir

Wali Kota Vicky Lumentut saat hadir dalam Program Ron Manado di stasiun Radio Smart FM, Jumat (6/2) tadi pagi

Wali Kota Vicky Lumentut saat hadir dalam Program Ron Manado di stasiun Radio Smart FM, Jumat (6/2) tadi pagi

MANADO—Bencana alam banjir dan tanah longsor masih terus menghantui warga Kota Manado. Menyusul intensitas curah hujan diinformasikan masih akan berlangsung menjelang tahun baru cina bulan ini.

Demikian topic yang terangkat dalam program Wali Kota GS Vicky Lumentut Ron Manado yang disiarkan langsung melalui 10 stasiun Radio local di Kota Manado tadi pagi.

“Kalau dulu-dulu hujan tiba, torang anggap biasa. Tapi sekarang karena sudah ada pengalaman peristiwa 15 Januari 2014 lalu, masyarakat sudah was-was,’’ kata GSVL, sapaan akrab Wali Kota yang tadi pagi tampil di radio Smart FM 101,2.

Saat ini menurut orang nomor satu di Kota Manado, kalau hujan datang air di beberapa DAS langsung naik. Untuk dia berharap peran serta seluruh pihak selalu waspada. Apalagi sejak bencana banjir bandang 15 Januari lalu, masih banyak selokan-selokan belum semua dibersihkan. Begitu juga lumpur-lupur di beberapa sungai belum dikeruk.

Wali Kota serius menjawab pertanyaan warga terkait antisipasi bencana banjir

Wali Kota serius menjawab pertanyaan warga terkait antisipasi bencana banjir

“Tapi tahun ini kami sudah menyediakan anggaran focus memebnahi infrastrutur termasuk membersihkan selokan-selokan serta pengerukan sungai-sungai yang sudah dangkal.’’ Jelas GSVL seraya mengakui, sebenarnya di APBD perubahan 2014 lalu ada anggaran tapi dialihkan ke bantuan korban bencana. “Sebab untuk mengerjakan ini tidak sedikit anggaran yang diperlukan. Jadi kami mengambil kesimpulan dilakukan tahun ini. Tapi ini akan bertahap,’’ pungkas GSVL.

Untuk saat ini, GSVL sudah meminta kepada Dinas Kebesihan dan PU untuk terus mengawasi jika hujan turun. “Mereka saya sudah perintahkan jangan tidur. Harus di jalan memeriksa dimana selokan-selokan ta prop. Pohon-pohon yang bisa mengancama keselamatan untuk dipangkas,’’ katanya.

Akan halnya kepada seluruh warga Kota Manado. Dia mengimbau untuk mencegah sejak dini jika hujan tiba. Sebab kalau hujan lebat turun lebih dari 1 jam, pihaknya langsung mengingatkan untuk waspada. “Saya juga sudah memerintahkan BPDB untuk selalu berkoordinasi dengan BMKG memonitor cuaca setiap hari,’’ ujarnya.

Kepada warga, GSVL menitipkan untuk tidak membuah sampah sembarangan. Dia mengimbau membuang sampah pada tempatnya dengan mematuhi jam-jam yang sudah ditentukan. “Mari jangan jadikan saluran air tempat pembuangan sampah. Buanglah di tempat telah disediakan. Sebab kalo ta prop, hujan turun kong banjir, yang susah torang samua. Begitu juga yang tinggal di perbukitan dan di rawan bencana. Kalau hujan lebat sudah berlangsung satu jam, tolong menghindar. Cari tempat lebih nyaman untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Itu yang saya bisa titipkan buat wargaku tercinta. Ok, terima kasih Samrt FM, sukses semua. Mari bersama-sama membangun torang pe kota ini menjadi lebe bae lagi,’’ pungkas GSVL. (anto reppy)