IKLAN

Manado Kembali Dilanda Banjir

Lela Nilai BWSS I Cuek Soal Normalisasi Sungai


Manado Kembali Dilanda Banjir

Sonny Lela

Sonny Lela

MANADO –  Balai Wilayah Singai Sulawesi I (BWSS I), dinilai cuek dengan penanganan pasca banjir yang terjadi pada Januari 2014 lalu. Pasalnya, hingga kini tidak ada tindakan apapun yang dilakukan BWSS I dalam mengantisipasi ancaman banjir yang melanda Kota Manado.

Hal tersebut disampaikan anggota DPRD Kota Manado Sonny Lela. Menurutnya, seharunya BWSS I bisa melihat sebab akibat sehingga Manado terus dilanda banjir. “Balai sungai tidak pro-aktif melihat kondisi kota pasca dilanda banjir. Apa yang dilakukan mereka selang waktu hampir setahun Manado diterjang banjir, terutama sungai-sungai yang menjadi penyebab utama terjadinya banjir,” kata Lela.

Ketua Fraksi Golkar ini, juga menjelaskan kondisi sungai yang ada di Manado perlu segera dilakukan normalisasi, minimal bisa membantu mengantisipasi Manado dari ancaman banjir.  Sungai-sungai di Manado hanya memiliki daya tampung kecil dari volume guyuran air yang masuk ke badannya. Dengan kondisi seperti itu, dapat dipastikan jika hujan mengguyur Manado terutama daerah pegunungan, air akan meluap dan menggenangi wilayah di sekitar aliran sungai, apalagi saat curah hujan tinggi seperti yang terjadi Januari 2014 lalu.

“Normalisasi sungai merupakan metode untuk menyediakan alur sungai dengan kapasistas mencukupi untuk menyalurkan air, terutama air yang berlebih saat curah hujan tinggi, termasuk untuk keperluan navigasi, melindungi tebing sungai karena kikisan dan memperluas sungai agar menampung banjir – banjir yang terjadi,” ungkapnya.

Lela juga dengan tegas mengatakan bahwa jika hal tersebut tidak mampu dilakukan oleh BWSS I sebaiknya kepala Balai Sungai mundur saja dari jabatannya, karena ini menyangkut nasib dan keselamatan banyak orang. (christian)

 

Manado Fiesta 2017