IKLAN

Kuota Tak Capai Target, Pengiriman Naker Boltim ke Jepang Terancam Dihentikan


F-Logo BoltimBOLTIM – Belum apa-apa bentuk kerja samanya dengan Pemerintah Negara Sakura Jepang soal pengiriman tenaga kerja (naker), Pemkab Boltim rencananya tidak lagi melakukan pengiriman.
Ini dikarenakan target pengiriman 35 orang tenaga magang bakal tak tercapai pada tahun 2015 ini. Maka tahun 2016 nanti pihak Jepang akan menghentikan khususnya dari Kabupaten Boltim.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans), Muhamad Yahya, mengatakan dari jatah magang yang diberikan pihak Jepang sebanyak dua ratus lima puluh orang yang mendaftar di Dinas Nakertrans hanya seratus orang lebih. Jumlah ini sudah termasuk daerah-daerah di Provinsi Sulut, seperti; Minahasa Tenggara (Mitra), Kota Bitung, Minahasa Utara (Minut), serta Kota Kotamobagu (KK). Namun dari jumlah di atas, saat ini telah berkurang tinggal empat puluh tujuh orang saja karena seleksi.

Dinas Nakertrans Boltim selaku penyelanggara berharap magang ke Jepang, sisa empat puluh tujuh orang ini bisa lolos seleksi semua. ”Kalau target tiga puluh lima orang tidak capai, maka mulai tahun depan Boltim tidak ada perekrutan tenaga magang ke Jepang,” pungkas Yahya. (yoan)

 

Manado Fiesta 2017