IKLAN

KPU Sulut: Pilwako Manado Kemungkinan Akhir Februari 2016


Yessy Momongan

Yessy Momongan

MANADO – Teka teki kapan akan dilaksanakan Pilwako Manado sedikit mulai ada titik terang menyusul penjelasan tersirat Ketua KPU Sulut, Yessy Momongan pasca kabar amar putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) sudah keluar meski pihak KPU sendiri belum menerima salinan putusan tersebut.

“Sudah diumumkan secara resmi lewat web MA. Namun salinan putusan hingga kini belum kami terima,” ujar Momongan saat dikonfirmasi wartawan.

Nah, kapan akan digelar Pilwako Manado, Momongan mengaku secara perundang-undangan diberikan waktu 21 setelah kasasi keluar. Tapi pihaknya masih diberi waktu mempelajari aturan tersebut.

“21 hari ini apakah terkait pelaksanaanya dimulai atau selesai? Itu yang perlu kami konsultasikan ke KPU RI. Karena di lima daerah yang mengalami penundaan Pilkada memang tidak lepas dari Pilkada serentak secara Nasional 2015,” katanya.

Memang baru disampaikan putusan 7 Januari, lalu ke PT-TUN Makassar 13 Januari. “Di tanggal itu baru kami bahas langkah selanjutnya untuk pelaksanaan (tanggal) Pilkada Manado,” ujar Momongan yang tidak menampik kemungkinan besar pelaksanaan Pilkada Manado Febuari 2016.

Saat ini KPU Sulut sudah memerintahkan KPU Manado segera menjemput hasil putusan dan salinan MA di Jakarta. “Setelah ada salinannya, kami pelajari baru akan kami tindak lanjuti kapan pelaksanaan Pilkada Manado itu. Sesegera mungkin,” tegas Momongan.

Sekadar diketahui, minggu MA melalui jurun bicaranya, Suhadi mengakui MA telah mengeluarkan putusan atas kasasi KPU. Isinya, MA mengabulkan kasasi tersebut.

Dengan adanya putusan berkekuatan hukum tetap yang memenangkan kasasi KPU atas putusan PT TUN terhadap gugatan pasangan Jimmy Rimba Rogi-Boby Daud, maka hanya ada tiga pasangan yang akan bertarung yakni Harley Mangindaan-Jimmi Asiku diusung Gerindra, Hanura, GS Vicky Lumentut-Mor D Bastiaan (GSVL-MOR) diusung Demokrat, PKPI, dan pasangan Hanny J Pajouw-Tonny Rawung, dari PDIP. (antoreppy/smc)

 

Manado Fiesta 2017