IKLAN

KPU Sulut Menangkan Sengketa Pemilu


MANADO- Usaha pasangan perseorangan Jimmy Walewangko dan Teddy Manueke untuk bisa lolos ikut Pemilihan Gubernur, akhirnya digugurkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin (6/7) sore.
71yessi momongan ist

Keputusan KPU Sulut mengugurkan berkas kedua pasangan perseorangan ini sudah yang kedua kalinya menggugurkan berkas keduanya.
“Pasangan calon tidak membawah dukungan yang merupakan syarat utama baik hard copy dan soft copy  sebab itu dinyatakan gugur, jadi untuk pilgub perseorangan tidak ada calon,”aku Ketua KPU, Yessy Momongan ketika dikonfirmasi wartawan.
l1_07071556Momongan menjelaskan, berdasarkan keputusan musyawarah dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  dimana pasangan calon dalam sidang gugatan dipersilakan untuk kembali memasukan hard copy dan soft copy secara manual tidak menggunakan aplikasi silon. Namun sejak   kedatangan pasangan calon pada pukul 14.30 Wita, mereka  tidak membawah soft copy dan hard copy.

Hal yang sama juga diungkapkan  Komisioner KPU Sulut Ardiles Mewoh. Menurutnya, waktu yang diberikan hingga pukul 14.55 yang bersangkutan datang pada pukul 14.30 saat datang kedua calon pasangan  perseorangan ini tidak membawah apa yang diminta oleh Bawaslu Sulut saat sidang sebelumnya. “Karena syarat dukungan tidak dibawa maka dianggap gugur.  Kami telah meminta yang bersangkutan untuk menandatangani berita acara tapi tidak bersedia," ungkap Mewoh. Sambil mempertegas untuk Pilgub tidak ada pasangan perseorangan. " KPU Sulut akan fokus pada tahapan selanjutnya," kata Mewoh. (mom)