IKLAN

5 Maret 2015 Sidang Kode Etik Digelar di Manado

KPU Bolmong Timur Resmi Dilapor ke DKPP


5 Maret 2015 Sidang Kode Etik Digelar di Manado

Komisioner KPU Boltim, Hendra Damopolii (paling kiri), Awaludin Umbola (ketiga dari kiri) dan Ronald Limbanon (paling kanan). (f-manadoline)

Komisioner KPU Boltim, Hendra Damopolii (paling kiri), Awaludin Umbola (ketiga dari kiri) dan Ronald Limbanon (paling kanan). (f-manadoline)

BOLTIM – Empat komisioner KPU Bolmong Timur (Boltim) dihadapi masalah serius. Sang ketua Hendra Damopolii dan tiga anggotanya masing-masing; Kader Bachmid, Ronald Limbanon, dan Devita Pandey resmi dilapor ke Dewan Penyelenggara Pemilu (DKPP) melalui KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Dasar laporannya adalah dugaan pelanggaran kode etik yang diduga dilakukan keempat komisioner itu terkait proses Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur pada pemilu tahun 2014, atas nama Sofyan Alhabsyi (PKB) dan Jemi Elieser Tine (PDI-P) yang tidak memenuhi syarat untuk dilantik karena terlibat tindak pidana tentang pemalsuan meterai dengan ancaman pidana 7 tahun penjara. Selain itu putusan Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu dengan Nomor 261/PID.B/ 2013/PN.KTG dan 262/PID.B/2013/PN. KTG. Kemudian pada website resmi DKPP menyebutkan pengaduan KPU Sulut yakni tentang pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh komisioner KPU Boltim yang terdaftar pada tanggal 13 Februari tahun 2015 Nomor 18/I-P/ L-DKPP/ 2015. KPU Sulut melalui salah satu komisionernya Ardiles Mewoh membenarkan adanya pengaduan pihaknya itu. Menurutnya pengaduan tersebut didasari oleh rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut Nomor 42/Bawaslu-Sulut/I/2015 tanggal 30 Januari 2015 dan rencana agenda sidangnya akan dilaksanakan di Manado pada tanggal 5 Maret 2015. “Pengaduan tersebut didasari oleh surat dari Bawaslu dan jika terbukti bersalah tentu diberikan sangsi dan jika tidak akan direhabilitasi,” tegasnya, Jumat (27/2). Namun dari lima Komisioner KPU Boltim hanya satu anggota yang tidak diadukan yakni Awaludin Umbola. Sementara itu Ketua KPU Boltim Hendra Damopolii mengaku bahwa pihaknya belum menerima secara resmi surat dari DKPP terkait sidang kode etik. “Memang saya sudah dengar tentang laporan ke DKPP, tapi saat ini kami belum menerima secara resmi surat dari DKPP untuk mengikuti sidang kode etik,” tegas Damopolii. (mara)

 

Manado Fiesta 2017