IKLAN

Kota Lolak Dipersiapkan Pemkab Bolmong jadi Kawasan Minapolitan


 

Pelabuhan Labuan Uki Salah Satu Modal Bolmong Menuju Kawasan Minapolitan. (f-manadoline)

Pelabuhan Labuan Uki Salah Satu Modal Bolmong Menuju Kawasan Minapolitan. (f-manadoline)

BOLMONG – Penataan Kota Lolak sebagai ibukota Kabupaten Bolmong terus dilakukan pemerintah. Bahkan lebih hebatnya lagi wilayah Kecamatan Lolak bakal dijadikan kawasan khusus strategi minapolitan.

Rencana ini telah disusun pemkab melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) yakni Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Kabupaten Minapolitan (RTRKSKM). Program ini menyusul Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor KEP.32/2010 tentang Penetapan Kawasan Minapolitan, yang mana telah ditetapkan 197 lokasi, diantaranya 83 lokasi Pelabuhan Perikanan di seluruh Indonesia yang akan dikembangkan sebagai Kawasan Minapolitan.

Bupati Hi Salihi B. Mokodongan mengatakan daerah kita tidak termasuk kawasan minapolitan. “Ke depan akan dirancang satu model rencana tata ruang kawasan strategis untuk pengembangan kawasan minapolitan,” jelas Bupati Salihi, Jumat (22/5). Bupati menambahkan kriteria penetapan lokasi tersebut adalah memiliki Pelabuhan Perikanan yang telah memiliki Wilayah Kerja Operasional Pelabuhan Perikanan (WKOPP) dan kawasan yang telah memiliki Rencana Umum Tata Ruang (RUTR). (yoan)

 

Manado Fiesta 2017