IKLAN

Konjen Filipina-Polda Sulut Sepakat Kerjasama Antisipasi ISIS dan Ilegal Fishing


image

Konjen Filipina Mr. Oscar Orcine saat bertemu Kapolda Sulut, Kombe Pol Wilmar Marpaung

MANADO – Sulut yang dikenal kaya hasil laut serta letak geografis berbatasan dengan negara tetangga membuat daerah paling utara pulau sulawesi ini dikenal rawan kasus ilegal fishing dan menjadi pintu masuk kelompok radikal.

Masalah inipula tak luput dari perhatian Mr. Oscar Orcine, Konsulat Jenderal (Konjen) Filipina yang baru. Selasa ,(9/6) pagi, Mr. Oscar pun mengunjungi Kantor Mapolda Sulut mempertanyakan masalah keamanan di wilayah perbatasan seperti, ancaman terorisme (ISIS) dan illegal fishing di Bumi Nyiur Melambai ini.

“Kunjungan ini merupakan kehormatan serta ajang silaturahmi dan perkenalan, karena saya baru menjabat Konjen Filipina Manado akhir Mei 2015 lalu. Selain itu kedatangan saya kemari untuk membicarakan masalah keamanan di wilayah perbatasan,” kata Konjen Filipina, Oscar Orcine didampingi Konsul Muda Jan Sherwin Wenceslao serta sejumlah Staff lainnya.

Dalam perbincangan yang digelar di ruang rapat Kantor Mapolda, Kapolda Sulut, Brigjen Pol Wilmar Marpaung mengatakan, dalam mengatasi ancaman terorisme, pihaknya bersama seluruh komponen masyarakat dan pihak-pihak terkait terus meningkatkan kewaspadaan serta upaya pencegahan terhadap masuknya pengaruh ISIS di Bumi Nyiur Melambai.

Diakhir pertemuan, Konjen Filipina mengusulkan agar Polda Sulut dan Konsul Jenderal Filipina di Manado membentuk Liaison Officer atau LO. Masukan tersebut langsung diterima positif Kapolda Sulut, Wilmar Marpaung, hingga Marpaung langsung menunjuk LO khusus untuk Polda Sulut. “LO ini nantinya bertugas sebagai media penghubung pertukaran informasi sebagai upaya tetap terjalinnya hubungan dan kerjasama yang baik,” jelas mantan Kapolres Bitung ini. (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017