IKLAN

Komite I DPD RI Lirik Perbatasan Tertinggal Sulut


MANADO– Komite 1 DPD RI tak hanya diam melihat perbatasan tertinggal di tiga Kabupaten Nusa Utara, Sulawesi Utara (Sulut). Hal ini dikatakan Wakil Ketua Komite 1 Benny Ramdhani, menurutnya jantungnya perbatasan di Indonesia yakni Kabupaten Kepulauan Talaud.

Ramdhani mengakui, fakta empiris sampai saat ini ada ketimpangan antara Kawasan Barat dan Timur atau Jawa dan luar Jawa, daratan dan kepulauan contoh Talaud, tidak memiliki legitimasi karena undang-undang belum mampu mengakomodir daerah perbatasan.

“Kami sudah beberapa hari berada di Sulut dan kami sudah mendatangi jantungnya perbatasan di Negara ini yakni di Kabupaten Kepulauan Talaud. Melihat langsung kondisi wilayah dan kehidupan masyarakat di bumi porodisa. Walauapun undang-undang yang ada belum mampu mengakomodir daerah perbatasan,”terangnya.

Prihatin!! Ini Tiga Kabupaten Termiskin di Sulut dengan Permasalahan Krusialnya

Ia menyebutkan, sebelumnya selama ini semua regulasi di potret dari Istana Presiden atau lembaga pemerintah pusat terkait. Tapi sekarang di potret langsung dari daerah bukan lagi dari Jakarta, sehingga betul-betul kita mengetahui kondisi daerah sesungguhnya.

“Kami berharap ada masukan dalam penyempurnaan RUU ini. Indonesia Timur khususnya Sulut memiliki 3 daerah perbatasan,”pungkasnya. (Kandi/Hm)

 

Manado Fiesta 2017