IKLAN

Komisi 2 Usulkan Harga Acuan Cengkih ke Pusat


MANADO-Dalam kunjungan kerja ke Kementrian Perdagangan, Komisi 2 membidangi Perekonomian dan Keuangan DPRD Sulut mengusulkan harga cengkih dengan acuan terendah sebesar Rp100 ribu. Dan cengkih diharapkan menjadi komoditas strategis.

Rocky Wowor saat menyampaikan usulan harga acuan cengkih di Dirjen Perdagangan

Rocky Wowor saat menyampaikan usulan harga acuan cengkih di Dirjen Perdagangan

Legislator termudah di DPRD Sulut, Wowor menyatakan, dari informasi yang didapat dari Kementerian Ekonomi beberapa waktu lalu, import tertinggi ada pada tahun 2011.

Lanjutnya, informasi dari  Sekertaris Dirjen Perdagangan pada tahun 2011: 14.502 ton, 2012: 7129 ton, 2013: 308 ton, 2014: tidak impor, 2015 :10,9 ton dan data impor cengkih yg tidak utuh 3 tahun terakhir ini.

Dengan data di atas, Wowor  menyatakan import bukan satu satunya faktor harga anjlok.

“Apa yang menjadi usulan telah dicatat oleh Sekretaris Dirjen dan akan disampaikan ke menteri serta berkoordinasi  dengan kemenko,” ujar anggota Fraksi PDIP. Sembari menegaskan dalam konsultasi tersebut, Sekertaris Dirjen belum bisa memberikan solusi yang tepat, tapi merespon usulan dari Komisi 2 DPRD Sulut.

“Dia menyampaikan mungkin skema atau formula yang diterapkan pada bahan horticultural dan bahan pangan bisa di terapkan ke cengkih, dengan mengadopsi harga acuan minimum di tingkat petani,” tambahnya. (mom)

 

Manado Fiesta 2017