IKLAN

PILKADA MANADO

Koalisi Kebersamaan 6 Partai Belum Final, 1 Parpol Bakal Menarik Diri 


PILKADA MANADO

Pimpinan 6 Partai yang menamakan diri koalisi kebersamaan untuk mengusung calon wali kota Manado 9 Desember nanti saat pertemuan di sebuah hotel di Manado

Pimpinan 6 Partai yang menamakan diri koalisi kebersamaan untuk mengusung calon wali kota Manado 9 Desember nanti saat pertemuan di sebuah hotel di Manado

MANADO—Gabungan 6 partai di DPRD Manado yang menamakan diri koalisi kebersamaan dalam mengusung bakal calon (Balon) Wali Kota di Pilkada Manado, 9 Desember nanti bakal berakhir mentah meski Rabu (3/5) telah melakukan pertemuan di hotel Aston.

Dalam pertemuan itu, ada beberapa pimpinan Parpol tidak hadir. Seperti Hanura, hanya mengutus salah satu pengurus minus ketua Partai Revani Parasan. Kemudian Ketua PKS hanya diwakili Nur Rasyid Abdul Rahman, anggota DPRD Manado dan Partai Golkar hanya diwakili sekretaris Dolfie Mamengko.

Sekadar diketahui, koalisi kebersamaan enam partai itu selain Hanura, PKS dan Golkar, ada juga Gerindra, PAN serta PKPI. “Ini belum deklarasi baru menyamakan persepsi untuk Pilkada nanti,” kata Ketua PAN Manado, Boby Daud.

Sekretaris Dolvie Mamengko mengatakan, pertemuan itu dalam rangka menandatangani MoU sebagai partai berkoalisi. “Yang berhak menandatangani MoU masing-masing ketua partai. Kalo pertemuan tadi hanya pembicaraan menjelang pilkada. Belum ada yang krusial atau calon yang akan diusung,” ujar Mamengko.

Sementara itu, informasi berkembang, ada salah satu partai akan menarik diri. Pasalnya, mereka mendapat perintah dari DPP untuk keluar dari koalisi tersebut. “Menurut DPP, ada dalam juklak partai kami untuk membuka pendaftaran calon wali kota sendiri.” kata salah satu kader yang meminta nama dan partainya tidak disebutkan.

Ketua Partai Gerindra Manado, Moudy Manoppo yang memimpin pertemuan itu menyatakan optimis Koalisi ini mendapatkan kemenangan dalam Pilwako nanti. Pasalnya Total jumlah kursi dalam Koalisi ini mencapai 21 Kursi. “Jumlah tersebut melebihi ketentuan untuk mengusung calon pimpinan daerah,” tegasnya.

Banyak yang memprediksi, jika keenam partai ini solid mendukung calon wali kota, punya peluang besar  menang. Sebab, jumlah kursi di DPRD Manado sebagai representase pemilih, ada 21 Kursi. Masing-masing, Partai Gerindra 5 kursi , PAN 4 kursi , PKS 2 kursi , PKPI 1 kursi, Hanura 4 kursi dan Partai Golkar 5 kursi. (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017