IKLAN

KIPP Kota Bitung Siap Mengawal Pesta Demokrasi, Pilkada Serentak


Robyantoro Hulopi

Robyantoro Hulopi

BITUNG-Komisi Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kota Bitung, telah siap untuk mengawal jalannya pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak khususnya di Kota Cakalang. Hal ini disampaikan oleh Ketua KIPP Kota Bitung, Robyantoro Hulopi, kepada manadoline.com, Jumat (9/10), usai meresmikan Kantor sekretariat KIPP Kota Bitung, yang terletak di Kelurahan Madidir.

“Sebagai lembaga Independen, KIPP siap untuk mengawal dan mengakkan demokrasi dalam Pilkada serentak tahun ini, untuk mewujudkan Pilkada yang Berkualitas dan Berintegritas di Kota Bitung,” kata Hulopi.

KIPP telah menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga Independen pemantau jalannya Pemilu, bebas dari intervensi pihak manapun juga, demi penegakkan demokrasi yang bermartabat. Dinamika politik yang berkembang saat ini, membutuhkan pemantauan dari semua elemen masyarakat Kota Bitung, sehingga semua bentuk kecurangan yang menciderai demokrasi bisa dihindari atau diselesaikan sesuai dengan aturan.

“Tugas pokok KIPP memantau jalannya tahapan Pilkada, apabila ditemukan kecurangan atau pidana Pemilu, maka KIPP akan mebuat catatan dan merekomendasikan kepada pihak Penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU dan Panwas, untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

Ia juga menambahakn, untuk mengantisipasi bentuk-bentuk kecurangan dan pelanggaran Pemilu, KIPP akan turun lapangan dan mensosialisasikan bagaiman mewujudkan Pilkada yang berintegritas dan berkualitas. (jones)