IKLAN

Ketua Komite Pembangunan Desa Lakit, Diseret Ke Meja Hijau


Ilustrasi.

Ilustrasi.

MANADO – Sidang Tindak Pidana Korupsi Dan Bantuan Revitalisasi Prasarana Olahraga Masyarakat yang menyeret Venny R T.H Pangemanan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Senin (01/02).

Sidang terhadap Venny R T.H Pangemanan, karena dirinya kala itu bertindak sebagai Ketua Komite Pembangunan Prasarana Olahraga Masyarakat di Desa Lakit Kecamatan Dimembe Minahasa Utara, juga selaku Pelaksana Pekerjaan Kegiatan Prasarana tersebut di desa Wori Kecamatan Wori Minahasa Utara, dan desa Kaima Kecamatan Kauditan Minahasa Utara.

Dalam dakwaan JPU yang dibacakan di depan Hakim Ketua Arkanu SH MH. Awalnya, pada tahun 2011 Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kementrian Pemuda dan Olahraga, berdasarkan DIPA tahun 2011 telah menganggarkan bantuan Revitalisasi Prasarana Olahraga Masyarakat.

Untuk menindaklanjuti bantuan tersebut, diangkatlah Venny selaku Ketua Komite. Namun, ternyata pihak berwajib mencium adanya dugaan korupsi yang dilakukan Venny dalam proyek ini di tiga lapangan olahraga dan tiga kecamatan. Dan setelah diadakan penyelidikan lebih lanjut, benar telah terjadi praktek korupsi hingga mengakibatkan kerugian Negara sebesar Rp479 juta lebih.

Oleh karena itu, JPU menjerat Venny berdasarkan pasal 2 jo pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, sebagaimana yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tenang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Seusai mendengarkan dakwaan JPU, Majelis Hakim tunda sidang hingga pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi. (ekaputra)

 

Manado Fiesta 2017