IKLAN

Kesbangpol: Sulut Masih Aman Penyebaran Gafatar


Kepala Badan Kesbangpol Edwin

Kepala Badan Kesbangpol Edwin Silangen

MANADO– Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen mengatakan Sulut aman dari jaringan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

Hal ini diungkapkan saat berada di kantor Gubernur Sulut, Rabu (13/1).” Tahun-tahun sebelumnya memang sempat diketahui ada jaringan Gafatar di daerah kita,”tutur Silangen.

Menurut sumber, sebelumnya beberapa orang terjaring Gafatar ada dibeberapa daerah Sulut diantaranya Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Bitung, Tomohon dan dibeberapa lainnya.

Tetapi hal itu dapat ditangani dengan memulangkan orang-orang tersebut ke daerah asal.

Kesempatan tersebut kepada wartawan Silangen berulang kali menyebutkan tak ada aliran sesat Gafatar di Sulut sekarang ini.

Diketahui beberapa daerah di Indonesia, ditemukan alian sesat tersebut yang dikenal sebagai nabi palsu Ahmad Musadek dianggap utusan Tuhan.

Silangen menambahkan masyarakat harus berhati-hati.”Ciri-ciri ajaran Gafatar yaitu tidak wajib sholat 5 waktu, tidak wajib puasa ramadhan, syahadat mereka berbeda, yang bukan kelompok mereka dianggap kafir, gerakan hampir mirip dengan NII KW9, Gafatar sempalan NII KW9,”jelasnya.

Masyarakat Sulut waspada, yang jelas untuk sekarang aman terkendali,”pungkasnya. (srikandipangemanan)