IKLAN

Kepsek Diduga Sunat Dana BOS, Guru Sekolah Dasar di Mopait Bolmong Mogok Kerja


 

SD Negeri 1 Mopait Kecamatan Lolayan, Bolmong. (f-manadoline)

SD Negeri 1 Mopait Kecamatan Lolayan, Bolmong. (f-manadoline)

BOLMONG – Diduga menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) oknum Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Mopait, Marsidik Potabuga, didemo rekan kerjanya, Kamis (23/4). Aksi mogok kerja sejumlah guru ini karena ulah sang kepala sekolah soal penggunaan anggaran BOS yang tak transparan. “Tuntutan kami yang pertama ini, meminta kepala sekolah diganti,” ujar salah seorang guru.

Sementara itu imbas dari aksi mogok kerja itu para murid SD yang berada di wilayah Kecamatan Lolayan itu beberapa jam tidak menerima pelayanan belajar mengajar. “Kami akan terus melakukan aksi sampai kepsek diganti. Kami tidak menuntut siapa yang akan ditempatkan sebagai pengganti kepsek baru di sekolah ini. Namun sekali lagi kami hanya minta kepsek segera diganti,” tegas sejumlah guru, siang kemarin.

Terpisah Kepala SD Negeri 1 Mopait Marsidik Potabuga, ketika dikonfirmasi terkait itu malah mengaku kaget. Bahkan dia sendiri tidak tahu soal alasan mogok mengajar dari rekan-rekanya. “Saya kaget apa maksud para guru itu tiba-tiba mogok kerja. Menurut analisa saya, mungkin ada kaitannya dengan pada hari Selasa lalu saya telah memberikan teguran kepada mereka soal halaman sekolah kotor,” kata Marsidi.

Kadis Pendidikan Bolmong Olii Mokodongan saat dihubungi terkait hal itu mengatakan pihaknya juga belum mengetahui secara pasti apa penyebab sampai guru-guru mogok kerja. “Saya akan menggelar pertemuan antara guru-guru dan kepsek dan menanyakan langsung apa alasan sampai aksi mogok kerja dilakukan,” terang Mokodongan. (yoan)