IKLAN

Kemenlu Gelar Sosialisasi Upaya Pemajuan Pekerja Migran di Mitra


image

Kemenlu dan Pemkab Mitra sepakat minimalisir permasalahan pekerja migran

MITRA — Pemerintah Indonesia terus mensosialisasikan terkait perlindungan dan hak-hak pekerja migran, agar permasalahan mereka ketika berada di luar negeri bisa cepat dituntaskan.

Kali ini, Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Mitra menggelar sosialisasi dengan tema “Upaya Perlindungan dan Pemajuan Hak-hak Pekerja Migran di ASEAN”.

Bupati Mitra James Sumendap SH yang diwakili Assisten Bidang Pemerintahan, Ghotlieb Mamahit dalam sambutannya mengatakan, pekerja Indonesia di luar negeri, terlebih di wilayah ASEAN sangat banyak, tak terkecuali yang dari Mitra, sehingga sangat tepat pemerintah melindungi hak-hak dari para pekerja.

“Tentu para pekerja juga selain mendapatkan hak yang ada, juga harus mengetahui  kewajiban agar menjadi tenaga kerja yang memiliki skill dan mampu bersaing dengan tenaga kerja yang lain,” harapnya, di hadapan ratusan peserta di Resto Tombatu, (21/6).

Sementara itu Direktur Kerjasama Fungsional ASEAN Kemenlu, J S George Lantu yang menjadi narasumber menjelaskan, setiap pekerja asing (migran), harus dibekali berbagai pengetahuan agar bisa menjadi pekerja profesional sesuai bidang kerja yang dikuasai. Sebab jika tenaga migran tak trampil, hal tersebutlah yang sering menjadi pemicu terjadinya hal-hal yang tak di inginkan.

“Makanya kami dari Kemenlu selalu berharap para pekerja sebelum diberangkatkan, sudah dibekali pengetahuan dari para agen sehingga tidak bisa dibodohi akan hak-haknya di negara tujuan,” terang Lantu.

Ketua KNPI Mitra Tom Jones Suoth SPd mengatakan, kegiatan kali ini bertujuan agar masyarakat Mitra memiliki pemahaman sebelum menjadi tenaga kerja migran. “Hal ini sangat bermanfaat, apalagi di era pasar bebas saat ini, terlebih memasuki MEA yang tentunya, sangat membutuhkan pemahaman mengenai bagaimana menjadi Migran yang baik,” pungkas Suoth. (fensen)

 

Manado Fiesta 2017