IKLAN

Kemendagri Gelar Rakornas Penanganan Konflik Sosial


Rakornas

Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

BITUNG-Bertempat di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (7/4), Pj. Walikota Bitung Dr. John Palandung menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2016, yang dibuka  Dr. Ir. Yuswandi A. Temenggung, M.Sc, MA selaku Sekertaris Jenderal Kemendagri.

Tujuan Pelaksanaan rapat tersebut menurut palandung untuk meningkatkan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah maupun  antarinstansi, yaitu pemerintah dan aparat penegak hukum yang perlu ditingkatkan untuk mencegah konflik sosial terjadi.

“Selain itu pentingnya koordinasi bagi pemerintah daerah adalah membangun komunikasi yang baik dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat untuk menjaga daerah tetap stabil dan aman,” tutur Palandung menirukan apa yang disampaikan Temendung.

Lajutnya lagi Khusus bagi Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) di tiap Daerah perlunya bangun komunikasi dengan tokoh-tokoh, petakan potensi-potensi konflik, dan antisipasi supaya konflik tidak terjadi.

Palandung berharap lewat kegiatan ini akan ada peningkatan kapasitas terhadap aparatur pemerintah kota Bitung agar bisa mencegah atau menyelesaikan konflik. (jones)