IKLAN

Kejari Bitung akan Musnahkan Kapal Asing Pelaku Ilegal Fishing di Harkitnas


Kapal pelaku ilegal fishing yang diamankan di pelabuhan P2SDKP Bitung

Kapal pelaku ilegal fishing yang diamankan di pelabuhan P2SDKP Bitung

BITUNG-Tanggal 20 Mei, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Kejaksaan Negeri Bitung bersama-sama dengan PSDKP Bitung dan Polda Sulut akan melaksanakan putusan Pengadilan Negeri Bitung untuk memusnahkan kapal pelaku Ilegel Fishing berbendera asing.

 

Kepastian waktu pemusnahan kapal pelaku ilegal fishing dikatakan oleh Kepala Seksi Perdata dan TataUsaha Negara (Kasi Datun) Kejari Bitung Safri Abdul Muin, SH, MH, kepada manadoline.com, Sabtu (16/5).

“Sudah ada dua putusan PN Bitung terkait pemusnahan Kapal asing pelaku ilegal fishing yakni KM. Garuda 05 dan KM. Garuda 06, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada putusan yang turun untuk kapal lainnya,” katanya.

 

Ia menambahkan, ada banyak berkas yang sementara berproses di PN Bitung terkait kapal asing pelaku ilegal fishing yang telah merugikan negara sampai Triliun rupiah. Sebelum tanggal 20 Mei, kemungkinan besar akan ada putusan untuk kapal lainnya, tetapi yang pasti dua kapal yang telah diputuskan segera ditindaklanjuti. Teknis pemusnahan kapal tersebut, sementara dikoordinasikan dengan PSDKP Bitung dan Polda Sulut.

 

“Ini pertama kalinya, putusan pemusnahan bagi Kapal asing pelaku ilegal fishing, sebelumnya kapal-kapal tersebut dilelang. Cara apa yang akan dipakai untuk pemusnahan kapal tersebut, apakah ditenggelamkan atau diledakan dan opsi lainnya, akan dikoordinasikan dengan pihak PSDKP serta Polda Sulut,” pungkas Safri. (jones)

 

Manado Fiesta 2017