IKLAN

Kedubes AS Salut Kerukunan Agama di Sulut


Wagub Sulut Djouhari Kansil saat menerima Kunjungan Dubes AS untuk Indonesia-di Sulut

Wagub Sulut Djouhari Kansil saat menerima Kunjungan Dubes AS untuk Indonesia-di Sulut

MANADO – Duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake, memuji keberhasilan Sulawesi Utara, yang mampu menjaga dan membina kerukunan umat beragama di daerah ini, sehingga sering dijadikan contoh dan ukuran kerukunan umat beragama di Indonesia maupun Dunia.

Hal tersebut menurut Wakil Gubernur, DR Djouhari Kansil, disampaikan oleh Dubes AS saat menggelar pertemuan terbatas dengan Gubernur DR Sinyo Harri Sarundajang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pejabat eselon Dua pemprov di ruang kerja gubernur, Kamis (8/1).

“Dalam pertemuan tadi, ada banyak hal yang dibicarakan Pak Gubernur dengan Dubes AS, antara lain soal kerukunan umat beragama di Sulut serta masalah lingkungan hidup, dimana AS tetap berkomitmen membantu pemerintah dalam upaya menjaga dan melestarikan satwa endemik di Sulut,” ujar Kansil saat diwawancarai sejumlah wartawan.

Menurut Kansil, dalam pertemuan itu Dubes ikut menanyakan kiat-kiat yang dilakukan pemerintah dan masyarakat di daerah ini dalam menjaga kerukunan antar umat beragama maupun dengan aliran kepercayaan. “Pak Gub menjawab, kunci utamanya adalah saling percaya. Dan di Sulut sejak lama sudah ada forum lintas agama,” katanya.

Tak hanya itu, Gubernur dan Dubes AS ikut pula membicarakan soal kerja sama di bidang pendidikan dan kesehatan, antara Amerika dan Indonesia, khususnya Sulut. “Mereka sudah cukup banyak berperan membantu kita, termasuk partisipasi mereka dalam kegiatan Internasional yang dihelat di Sulut,” ungkapnya.(tribun)