IKLAN

Kandouw: Lestarikan Bunaken “The Best Resort In The World”


Wagub Sulut Steven Kandouw saat sambutan kegiatan Kunker Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI beserta anggota Dewan Pertimbangan Presiden ke Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado, di Balai Pengembangan dan Penelitian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sulut, Kamis (11/1/2018) (foto:kandi/ML)

MANADO– Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengatakan pelestarian Taman Laut Bunaken harus tetap dijaga, karena menarik wisatawan asing (Wisman). Hal itu terungkap saat Kunjungan Kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI beserta anggota Dewan Pertimbangan Presiden ke Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado, Kamis (11/1/2018).

Menurutnya bunaken menjadi “The best resort in the world”.”Dunia telah mengakui, Bunaken menjadi perhatian wisatawan. Jadi harus terus dilestarikan dan diberdayakan,”katanya saat penandatanganan MoU Ditjen KSDAE KLHK dan Gubernur Sulut, kerjasama penguatan fungsi dan pelestarian Taman Nasional Bunaken, di Balai Pengembangan dan Penelitian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kamis (11/1/2018).

Penandatanganan tersebut kerjasama disaksikan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya.

Turut mendampingi kunjungan Menteri Siti anggota Dewan Pertimbangan Presiden Jan Darmadi, Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Ibu Prof DR Enny Sudarmowati, Kepala Badan Pengembangan dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr Agus Justianto.

Direktur Jenderal Konversi Sumberdaya Alam dan Ekosistem Kementerian LH dan Kehutanan RI Ir Wiratno , MSc, dan Kepala Badan Pengembangan dan Penyuluhan2 Sumberdaya Manusia KLH dan Kehutanan RI Dr Ir Helmy Basalama, MSc. Forkopimda Sulut, Bupati Minahasa Selatan Tety Paruntu, Walikota Bitung Max Lomban Pejabat Eselon 2 dilingkup Pemprov Sulut Kabupaten/Kota.

Diketahui, pengelolaan Bunaken kini masih dilakukan oleh pemerintah pusat. Pada 2017 lalu salah satu resort di Bunaken yakni Siladen meraih penghargaan The Best Resort In The World. “Dunia juga mengakui Bunaken, makanya harus terus kita jaga kelestariannya,”ungkap Kandouw.

Pada tahun 2017 wisatawan ke Sulut melonjak hingga 111 ribu dari luar Negeri dari sebelumnya hanya 11 ribu saja,”tambahnya.

Sementara itu Menteri Siti Nurbaya mengatakan pengembangan Bunaken akan terus dilakukan pemerintah pusat, sehingga mampu memikat wisatawann untuk berkunjung.

Menteri juga mengapresiasi atas penemuan spesies burung baru di indonesia oleh peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Biologi. (srikandi)