IKLAN

Tanah Hibah dari Pemprov Sulut ke Pemkot Syarat Penyaluran Bantuan

Kabar Gembira Bagi Korban Bencana 15 Januari, Ini Hasil Lobi Wali Kota di Pusat


Tanah Hibah dari Pemprov Sulut ke Pemkot Syarat Penyaluran Bantuan

Walikota Vicky Lumentut didampingi Kepala BPBD, Maxmilian Tatahede dan Kadis PU, Royke Mamahit menemui Pejabat BNPB yang membidangi tanggap darurat bencana, Senin (26/1) lalu. (ist)

Walikota Vicky Lumentut didampingi Kepala BPBD, Maxmilian Tatahede dan Kadis PU, Royke Mamahit menemui Pejabat BNPB yang membidangi tanggap darurat bencana, Senin (26/1) lalu. (ist)

MANADO—Kabar gembira bagi warga korban bencana banjir bandang dan tanah longsor 15 Januari lalu. Pasalnya, perjuangan Wali Kota GS Vicky Lumentut yang tak pernah bosan bolak balik Jakarta melobi bantuan seperti janji pemerintah pusat yang sampai saat ini belum terealisasi, kini sudah menemui titik terang.

Pemerintah pusat telah memberikan lampu hijau (Green Light). Ini terungkap saat GSVL, sapaan Wali Kota bertemu dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat (BNPB), Pimpinan DPR-RI dan Komisi V serta Komisi yang membidangi bencana di DPR-RI, Senin (26/1) lalu.

”DPR telah memberikan Green Light terkait realisasi bantuan bencana bagi warga Manado. Saat itu juga saya diberikan arahan menemui BNPB dan Kementerian keuangan memfollow up kembali usulan bantuan bencana 15 Januari 2014 lalu,” jelas GSVL kepada wartawan, Selasa (27/1) kemarin sembari menyatakan, untuk bantuan bencana bisa dikata telah hampir puncaknya untuk direalisasikan kepada warga Manado yang tertimpah bencana.

Hanya saja, ada satu hal diminta BNPB dan Kementerian Keuangan, yakni tanah yang akan dijadikan tempat relokasi yang menjadi wewenang Pemprov Sulut agar segera dihibahkan kepada Pemkot Manado karena yang akan merelokasi Pemkot. “Itu akan dibangun rumah bagi warga yang terkena bencana direlokasi dan akan dibiayai senilai Rp 40 Juta per rumah untuk membangun,” pungkas GSVL sambil mengatakan, sesuai arahan Kementerian Keuangan dan BNPB Pemkot segera menyampaikan kepada Pemprov agar lahan relokasi segera dihibahkan. Karena lahan tersebut yang menjadi dasar dari Pemerintah Pusat, untuk segera merealisasikan bantuan bencana.

“Saya telah menugaskan Sekertaris Kota agar segera menemui Sekertaris Provinsi meminta untuk menyampaikan apa yang diarahkan Pemerintah Pusat terkait lahan relokasi kepada Pak Gubernur SH Sarundajang, karena lahan relokasi adalah syarat penting dan menjadi dasar mereka, untuk segera menyalurkan bantuan bencana,” pungkas GSVL. (anto reppy)

 

Manado Fiesta 2017