IKLAN

Jumbara Sulsel, Pemprov Tinjau Kontingen Sulut

Jusuf Kalla Genjot PMI Bantu Tangani Masalah Sosial


Jumbara Sulsel, Pemprov Tinjau Kontingen Sulut

MANADO– Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) dapat mengoptimalkan kontribusi Palang Merah Remaja (PMR). Khususnya Palang Merah Indonesia (PMI) dalam membantu menangani masalah sosial.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw Bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK provinsi Sulut Dr. Kartika Defi Tanos menghadiri pembukaan kegiatan Jumpa Bakti Gembira

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Dr. Kartika Defi Tanos menghadiri pembukaan kegiatan Jumbara dan meninjau kontingen PMR Sulut di Sulsel, Selasa (26/7) (foto:Kandi/ML)

Hal ini dikatakan Wapres saat pembukaan kegiatan Jumpa Jumbara PMR tingkat Nasional ke VIII di bumi perkemahan Tonase I, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (26/7).

“Banyak masalah sosial, bencana, kesehatan, narkoba, ada masa depan yang harus kita capai, dalam Jumbara ini saya harapkan dapat dijalankan dengan gembira, prinsip membantu bersama harus dijalani, haruslah bekerja bersama sama,” ungkap Wapres.

Diketahui, lebih dari 2.500 peserta Jumbara terdiri dari PMR diseluruh Indonesia dan 10 perhimpunan nasional negara sahabat yang terdiri dari Vietnam, Thailand, Kamboja, Pulau Solomo, Timor Leste, Brunei Darussalam, Italia, Myanmar dan Jepang.

Peserta juga diharapkan dapat berbagi pengalaman di daerahnya masing-masing dengan mengedepankan prinsip ikhlas membantu, serta kerja gotong-royong bersama-sama.

Wapres Jusuf Kalla juga melakukan penanaman pohon Mangrove secara simbolis di desa Maccini Baji, Kecamatan Labakka, Kabupaten Pangkeb. Sebanyak 250 anggota PMR ikut serta menanam pohon Mangrove bersama Ketua PMI sebagai bagian dari upaya pemeliharaan lingkungan dan pengurangan resiko bencana pesisir.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw Kandouw juga ketua PMI Sulut didampingi ibu bersama pengurus PMI Sulut berkesempatan meninjau tenda kontingen PMR Sulut.

Selama mengikuti kegiatan, para peserta Sulut dapat berikan prestasi daalm setiap lomba yang diselenggarakan panitia dan tetap menjaga kebersamaan atar sesama dan rekan-rekan PMR dari daerah lainya,”kata Kandouw.

Jumbara Nasional ini juga dilakukan tiga penandatanganan nota kesepahaman…

Antara lain kerjasama PMI dengan Kemenkominfo mengenai peningkatan layanan kepalangmerahan dengan optimalisasi pamanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Kerjasama PMI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang pembinaan dan pengembangan kegiatan kepalangmerahan di satuan pendidikan, serta kerjasamaa PMI dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) tentang penyalahgunaan narkoba dalam rangka darurat narkoba. (srikandi/Hm)