IKLAN

Jumat Ranperda OPD Ditetapkan


MANADO-Panitia Khusus (Pansus) Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) telah melakukan konsultasi terakhir di Kemendagri pada 30 Agustus 2016. Sebelum ditetapkannya Ranperda OPD menjadi Perda.

Juddie Moniaga bersama anggota Pansus saat melakukan konsultasi ke Kemendagri

Juddie Moniaga bersama anggota Pansus saat melakukan konsultasi ke Kemendagri

Wakil Ketua Pansus, Juddie Moniaga ketika dikonfirmasi ia membenarkan jika Ranperda OPD segera ditetapkan. ” Kemungkinan Jumat akan ditetapkan dalam Paripurna,” aku Moniaga.

Lanjut Ketua Fraksi Gerindra ini, dari hasil konsultasi ada beberapa hal penting yang dijelaskan Dra.Rahajeng Purwianti, M Si sebagai Plt. Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Pengawalan Perangkat Daerah Ditjen Otda.

Diantaranya dalam Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah,  Dinas Penanggulangan Bencana dan Dinas Kesbangpol tidak perlu dimasukkan dalam bagian dinas. Cukup diketentuan lain-lain.

” Badan Penghubung, tidak perlu mencantumkan typologi karena badan penghubung mempunyai satu type saja. Yang dipimpin oleh seorang kepala setingkat Administrator,” jelas Moniaga.

Moniaga juga menjelaskan, dari hasil konsultasi didapatkan penjelaskan, nomenklatur Badan Pendapatan Daerah, diusulkan menjadi Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah.

Sedangkan untuk Pasal 11 sudah disempurnakan menjadi Pejabat Aparatur Sipil Negara yang menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama dan jabatan administrasi pada perangkat daerah diangkat dan diberhentikan oleh gubernur sesuai dengan perundang-undangan.

” Untuk ketentuan peralihan dalam pasal 15 dirubah menjadi  pasal 1 pada saat mulai berlakunya Peraturan Daerah ini, pejabat yang saat ini tetap melaksanakan tugasnya sampai dengan ditetapkanya pejabat yang baru perdasarkan Peraturan Daerah ini. Untuk Pasal 2 penetapan pejabat baru berdasarkan Perda ini sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dilaksanakan pada akhir tahun 2016,” tukas Moniaga.

Hasil konsultasi ini akan disampaikan Pansus OPD dalam rapat dengan mitra kerja Kamis (1/9) di DPRD Sulut. (mom)