IKLAN

Pencurian Marak Jelang Natal, Kapolres Himbau Warga Waspada


Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana, SH SIK MSi

AMURANG-Perayaan Natal semakin dekat, namun aksi-aksi tak terpuji nekat dilakukan oknun-oknum tertentu dengan melakukan pencurian.
Aksi pencurian mulai marak akhir-akhir ini. Sasarannya bervariasi, mulai dari perorangan, pemukiman, kebun hingga warung, pertokoan dan pusat perbelanjaan lainnya.

Mengantasi jangan sampai masyarakat banyak menjadi korban, Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana, SH SIK MSi, secara terbuka memberikan pernyataan resminya mengimbau kepada masyarakat supaya waspada.

Pernyataan resmi Perdana bukan hanya disampaikan pada jajaran anggota Polisi, insan pers namun juga lebih dari itu. Seperti lewat via WhatsApp, dan jejaring sosial lainnya.

Sejak tadi pagi Selasa (5/12/2017), Perdana menghimbau kepada segenap warga masyarakat di wilayah Minahasa Selatan (Minsel) dan Mitra untuk meningkatkan kewaspadaan dalam upaya menjaga keselamatan diri pribadi maupun menjaga keamanan rumah tempat tinggal.

“Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, tentunya banyak warga yang mau liburan dan meninggalkan rumahnya. Saya mengimbau agar perketat keamanan di rumah,” ujar Perdana.

Dirinya memberikan saran. Jika masyarakat akan meninggalkan rumah hendaknya harus meminta bantuan supaya tetangga atau saudara bisa melihat kondisi sekitar rumah.

Bahkan jika perlu bisa memasang kamera CCTV. Tak hanya itu saja, Perdana juga memberikan saran supaya masyarakat yang berpergian ke luar kota bisa melaporkan kepada pemerintah setempat, seperti Kumtua, Kepala Lingkungan, serta tetangga paling dekat.

“Jangan segan-segan meminta bantuan tetangga, minta tolong agar rumah kita diawasi,” ungkap Kapolres.

Tak hanya soal keamanan itu, Kapolres juga menyarankan supaya warga tidak menyimpan uang cash berlebihan di rumah atau menyimpan perhiasan yang bisa diketahui orang lain di dalam rumah.

“Lebih aman disimpan di bank. Gunakan penjaga rumah seperti satpam, asisten rumah tangga serta berdayakan kembali siskamling,” tutur Perdana mantan Katim di Poltabes Manado ini.

Lanjutnya, warga yang hendak meninggalkan rumah, jangan lupa untuk mematikan listrik, gas dan kompor dimana alat-alat tersebut sangat rentan dengan kebakaran.

“Dicek kembali, kunci pintu rumah serta jendela, pastikan semuanya dalam keadaan aman. Terakhir, mari kita serahkan semua urusan kepada Tuhan yang maha menjaga dan maha kaya serta maha menguasai alam semesta ini untuk menjaga barang-barang yang dititipkan kepada kita sebagai suatu amanah,” tutup Kapolres. (Vie)