IKLAN

Jangan Anda Tertipu!! Munculnya Travel Ilegal di Sulut, PHU Geram


Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Sulawesi Utara (Sulut) H. Abdul Aziz Tegela

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Sulawesi Utara (Sulut) H. Abdul Aziz Tegela

MANADO-Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) terus lakukan pengawasan terkait adanya dugaan-dugaan travel yang tidak berizin umroh. Dalam Hal ini, Kemenag melalui Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Sulawesi Utara (Sulut) H. Abdul Aziz Tegela menyebut adanya tim khusus.

Menurutnya, hingga saat ini Sulut belum temukan terkait dugaan tersebut. Walau demikian, Kemenag terus berkoordinasi dengan Kepolisian karena telah dilakukan MOU antara Kemenag RI dengan Bareskrim Mabes Polri.

“Tapi dari kami (Bidang PHU-red) terus mengenjot Tim Khusus Penegakan Hukum Umrah (Timsusgakum) untuk lakukan tindakan jika adanya penipuan Travel tidak berizin umroh, sesuai instruksi Dirjen PHU,”jelas Tegela saat berada di ruang kerjanya, Senin (17/10). Sembari menambahkan Timsusgakum tersebut terdiri dari lima orang didalamnya Kepala Seksi.

Oleh sebab itu, Kemenag terus membina pihak travel agar betul-betul dipercayakan Pusat yakni memiliki Surat Keputusan (SK) juga memiliki izin.

Tindakan Bidang PHU….

Timsusgakum Sulut setiap tiga bulannya, dua kali turun lapangan melakukan pembinaan dan pengawasan. Tegela mengakui terus mesosialisasikan bersama Biro Perjalanan, karena banyak travel tidak memiliki legalitas dengan memawarkan harga murah.

“Kami welcome, jika ada masyarakat melapor ke Kemenag atau pihak berwajib agar hal tersebut tidak terjadi lagi,”pungkasnya.

(srikandi/tm)