IKLAN

Izin Angkot di Sitaro Terancam Dicabut


SITARO – Untuk menjaga akan keselamatan penumpang yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro, pemerintah diminta serius dalam melakukan pemeriksaan kelayakan pada sejumlah kendaraan yang beroperasi di wilayah Siau. Pasalnya, banyak pemilik kendaraan angkutan umum di Siau tidak serius memperhatikan keselamatan penumpangnya.

Sebalumnya, uji kelayakan pada angkot pernah digelar oleh Dishub dan Kominfo Sitaro pada beberapa waktu lalu, ini dilakukan untuk mengungkap fakta yang mengkhawatirkan tersebut. “Sebagian dari hasil yang di uji untuk semua kendaraan yang ada hampir sudah tidak layak uji,” sebut Sekertaris Dishub dan Kominfo G Mulalinda, Rabu (15/4).

Lanjut dijelaskan mantan kabag humas Pemkab Sitaro ini, jika dari operasi yang dilakukan rata-rata tidak lulus karena rem tangan kendaraan tidak berfungsi baik lagi. Temuan ini tentu menakutkan masyarakat yang sering menggunakan jasa angkot. “Mengingat, topografi alam di Siau sangat terjal, sehingga rem untuk kendaraan mutlak harus selalu pakem demi menjamin keselamatan para pengguna jasa angkot nanti,” imbaunya.

Lenjut dikatakan Mulalinda, Uji kelayakan sendiri telah digelar sejak beberapa hari lalu. Nantinya angkutan umum luar kota dan dalam kota, serta truk jadi sasaran uji, jika ada yang mangkir, pemerintah tak akan memberi ijin operasi. Nantinya semua angkot diwajibkan ikut uji kelayakan. “Jika tidak, maka kendaraan bersangkutan tak diijinkan beroperasi lagi. Kita juga sudah mengadakan tilang gabungan bersama anggota kepolisian terkait,” pungkas Mulalinda.(son)