IKLAN

Inilah Wujud Pluralisme Bangsa Indonesia Tergambar Saat Natal Bersama MPR/DPR


 

Ketua Panitia Natal Bersama MRP/DPR, Maruarar Sirait, Ketua DPD RI, Irman Gusman dan Luhut Binsar Panjaitan

Ketua Panitia Natal Bersama MPR/DPR, Maruarar Sirait, Ketua DPD RI, Irman Gusman dan Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan

JAKARTA – Keharmonisan masyarakat Indonesia dalam hal menjaga pluralisme dan menjaga kerukunan antar umat beragama harus menjadi contoh yang baik.

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Harry Azhar Azis, menegaskan hal ini  saat menyampaikan sambutan di hadapan sekitar 7.000 orang pada Perayaan Natal MPR, DPR dan DPD di lapangan sepakbola, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/1) malam.

“Perayaan Natal ini merupakan ekspresi kebesaran Tuhan YME yang kita yakini. Warga nasrani bisa mengekspresikan keyakinan sebebas-bebasnya. Ini adalah negara yang dimerdekakan dan sampai kapan pun harus dipertahankan,” kata Harry, yang juga mantan Ketua PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Perayaan Natal di Komplek Parlemen ini mendapat sambutan dan apresisi dari banyak pihak. Ketua DPR Ade Komaruddin misalnya mengatakan bahwa ia sudah menjadi anggota DPR sejak tahun 1997, dan menilai acara perayaan natal kali ini sangat sukses. Ini merupakan perayaan natal yang sangat meriah di komplek parlemen yang dihadiri oleh sekitar 7000 orang.
“Menariknya, ada wisata kuliner dari 80  pedagang kaki lima. Makannya lezat. Ini bukti peduli pada wong cilik. Dan ini berkat panitia yang dipimpin Pak Maruarar Sirait,” ungkap Ade Komaruddin.

Ade pun kagum dengan sosok Maruarar Sirait, yang tiga kali berturut-turut menang dalam Pemilu di Dapil Subang, Majalengka dan Sumedang, yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Ini menunjukkan bahwa rakyat jawa Barat sangat toleran, dan bahwa Maruarar juga sosok yang pluralis.

Hal yang sama disampaikan Ketua DPD RI Irman Gusman. Bagi Irman, ini adalah perayaan paling meriah yang ia alami. Dan ia sangat yakin hal ini tak terlepas dari sosok Maruarar Sirait sebagai Ketua Panitia.

Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan juga menyampaikan pandangan serupa. “Saya tak terbayang acara sedemikian baik. Ini tentu karena the rising star dari DPR, yaitu Pak Maruarar Sirait sebagai Ketua Panitia,” kata Luhut. (ys/ar/nto/*)

 

 

 

 

Manado Fiesta 2017