IKLAN

Ini Serapan Anggaran Tertinggi dan Terendah SKPD Pemkot Manado Triwulan II


Sumber: Data Desk EPPA 10 Juli 2015

Sumber: Data Desk EPPA 10 Juli 2015

MANADO – Rapat  koordinasi dan evaluasi (Rakorev) sekaligus Evaluasi dan Realisasi Anggaran Pemkot Manado dipimpin langsung Wali Kota, GS Vicky Lumentut, Rabu (2/9)  membeberkan serapan anggaran triwulan II masing-masing SKPD. Rakorev tersebut berlangsung di Aula Serbaguna Pemkot Manado dihadiri Wawali Harley Mangindaan dan Kaban Bappeda, Bartje Assa.

Terungkap Realisasi penyerapan anggaran Pemkot Manado untuk Triwulan II masih terbilang rendah. Untuk realisasi fisik, hanya terserap 33.24 persen dari target yakni 47.78 persen. Sementara, realisasi anggaran lebih rendah lagi, yakni 26,43 dari target 42,73.

Assa mengatakan, naiknya kurs mata uang dolar turut menyebabkan rendahnya serapan anggaran. ”Naiknya dolar berpengaruh signifikan pada pengadaan barang melalui lelang, banyak proyek pengadaan barang yang tertunda atau bahkan batal gara–gara harga barang naik.”

Sumber: Data Desk EPPA 10 Juli 2015

Sumber: Data Desk EPPA 10 Juli 2015

Menurutnya,  para kontraktor tak punya pilihan selain membatalkan pengadaan barang jika dilakukan secara tersistem. “Jika pengadaan berlangsung dalam sistem satuan, maka bisa disiasati dengan mengurangi volume lalu dilakukan amandemen kontrak,” ujar Assa.

Penyebab lain, beber dia, adalah sejumlah instansi lambat membuat kerangka kerja (Tor). Hal itu mengakibatkan terlambatnya proses lelang. “Tor sudah harus dimasukkan sebelum pemasukkan KUAPAS, lambatnya penyerapan juga disebabkan sejumlah instansi menunggu juknis dana DAK dan untuk  beberapa instansi, juknisnya nanti turun pada bulan April,” ujar Assa.

Assisten III Pemkot Manado, Henny Giroth menyatakan, meski ada juga faktor lain seperti kurs dolar serta teknis, namun penyebab utama dari rendahnya peyerapan anggaran adalah faktor SDM para pejabat. Wali Kota Manado Vicky Lumentut, menyataka pemerintah pusat sudah mengeluarkan kebijakan untuk melindungi para pemegang keuangan. “Kebijakan tidak bisa dipidanakan, jadi jangan khawatir,” ungkap GSVL, sapaan Lumentut.  (anto/lipsus)

SKPD SERAPAN ANGGARAN TERENDAH
1. Dinas Prasarana Uumum
2. Dinas Perindustrian dan Perdaganga
3. Dinas Kelautan dan Perikanan
4. Bagian Hukum dan Perundang-Undangan
5. Dinas Tata Kota

SKPD SERAPAN ANGGARAN TERTINGGI
1. Bagian Humas dan Protokol
2. Bagian Admimistrasi Kemasyarakatan
3. Sekretariat Daerah
4. Inspektorat
5. Dinas Koperasi UMKM

 

Manado Fiesta 2017