IKLAN

Ini Pernyataan KPU RI Terkait Pilkada Manado


Komisioner KPU RI, Hadar Navis Gumay. (foto:ist)

Komisioner KPU RI, Hadar Navis Gumay. (foto:ist)

MANADO – Jika Pemerintah Kota (Pemkot) Manado tidak menyediakan anggaran bagi KPU Manado, maka pelaksaan Pilkada akan ditunda hingga 2017 mendatang.

Penegasan tersebut disampaikan langsung oleh Komisioner KPU RI Hadar Navis Gumay, meski jadwal pelaksaan Pilkada sudah ditetapkan oleh KPU Manado.

“Pilkada harus dibiayai pemerintah daerah dan jika tida ada anggaran maka kami tidak laksanakan,” kata Hadar di Jakarta.

Menurutnya, KPU tidak memiliki dana dan sesuai dengan undang-undang pemerintah wajib membiayai pelaksanaan Pilkada. “Kalau tidak ada biaya, Pilkada tidak kami laksanakan,” tegasnya.

Hadar optimis Pilkada akan digelar ditahun 2016. Meski kemarin tertunda karena ada sengketa dan sudah ada putusan inkrah sehingga harus dilaksana. “Harus dilaksanakan, kapanpun itu segera mungkin dan tidak bisa dilaksanakan di tahun 2017,” ungkap Hadar.

Senada dengan Hadar, Komisioner KPU RI lainnya Ida Budiarti mengatakan bahwa KPU Manado memiliki tugas dan kewajiba untuk melaksanakan Pilkda dan berpedoman pada putusan Mahkamah Agung (MA) yang sudah memiliki putusan hukum tetap.

Sementara untuk anggaran menjadi kewajiban pemerintah daerah setempat. “Kan sudah ada pedoman hukum yaitu Permendagri. Itu juga yang digunakan Provinsi Kalteng dan Fak-Fak dalam

 

Manado Fiesta 2017