IKLAN

Ini Jalur Dilalui Cap Go Meh Hari Ini, Wisatawan Tiongkok Banjiri Manado


Perayaan Cap Go Meh tahun lalu di Kota Manado dalam rangka Tahun Baru Cina

Perayaan Cap Go Meh tahun lalu di Kota Manado dalam rangka Tahun Baru Cina

MANADO — Tahun baru Imlek 2566 di Manado dipastikan dengan adanya perayaan Cap Go Meh. Seluruh persiapan telah dimatangkan oleh umat Tridarma untuk menyukseskan tradisi rakyat Tiongkok ini. Sudah menjadi tradisi, jika pelaksanaan Cap Go Meh, Kota Manado dipastikan dibanjiri wisatawan, khususnya berada dari Tiongkok. Akan halnya perayaan Cap Go Meh hari ini (Kamis 5/3), wisatawan Tiongkok sudah menyerbu ibukota Sulut ini dari jauh hari. Mereka berkesempatan mengunjungi beberapa destinasi wisata andalan Kota Manado.

Sementara itu untuk pengamanan hari ini, Polresta Manado telah menyiapkan 375 personilnya yang akan ditempatkan tempat-tempat strategis di lokasi yang akan dilalui pawai atau parade Cap Go Meh. “375 anggota yang kami siapkan,” ujar Kapolresta Manado Kombes Pol Sunarto, Rabu (4/3) malam.
Lanjutnya, jumlah personil ini sudah diperhitungkan sesuai dengan kebutuhan, namun jika masih kurang akan ditambahkan lagi. “Jumlah itu saya rasa cukup, apalagi nantinya akan ada back-up dari instansi terkait seperti TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan,” katanya.

Pangtauan wartawan, rute yang dipastikan akan dilalui parade Cap Go Meh telah disterilkan oleh Satuan Lalulintas (Satlantas) Polresta Manado yang dibantu Polsek Wenang. Rute tersebut kini ditutup dengan mengalihkan kendaraan yang melintas ke jalan alternatif lain.

Berikut rute terakhir yang dipastikan dilewati parade Cap Go Meh 2566 di Manado : Start dari ‎Klenteng Ban Hin Kiong – Jl. Dotulolong Lasut – Jl. Sisingamangaraja – belok arah ke Jl. S Tubun – masuk Jl. Walanda Maramis – dan finish di Jl. DJ Panjaitan. (anto/bkc)

 

Manado Fiesta 2017