IKLAN

Usai Rakor, Foto Bersama Jokowi dan Wapres JK serta 98 Wali Kota se Indonesia

Ini Hal-hal Penting Disampaikan GSVL Kepada Presiden Untuk Kepentingan Kota Manado


Usai Rakor, Foto Bersama Jokowi dan Wapres JK serta 98 Wali Kota se Indonesia

Ketua APEKSI, Vicky Lumentut diwawancarai media Nasional usai tatap  muka dengan presiden di Istana Bogor, JUmat (20/2) siang tadi. (foto: ist)

Ketua APEKSI, Vicky Lumentut diwawancarai media Nasional usai tatap muka dengan presiden di Istana Bogor, JUmat (20/2) siang tadi. (foto: ist)

MANADO—Agenda Asosiasi Pemerintah Kota Se Indonesia (APEKSI) bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di istana Bogor, Jumat (20/2) siang tadi benar-benar menjadi moment penting dimanfaatkan Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut.

Bertindak sebagai moderator pada dialog 98 Wali Kota se Indonesia di depan Presiden, GSVL, sapaal akrab Wali Kota yang juga Ketua Umum APEKSI ini tak membuang-buang waktu menyampaikan sejumlah kendala-kendala dalam proses pembangunan Kota Manado untuk lebe bae lagi.

“Ada dua hal saya sampaikan kepada Pak Presiden. Pertama terkait APEKSI dan kedua soal pembangunan Kota Manado,’’ kata GSVL.

Apa saja itu? Terkait Kota Manado, pertama lagi-lagi soal bantuan bencana banjir bandang dan tanah longsor 2014 lalu dari pemerintah pusat yang hingga kini belum terealisasi. “Baik itu masalah pemukiman penduduk relokasim, infrastruktur rusak. Jalan-jalan misalnya serta pengerukan sungai yang sudah dangkal. Itu pertama,’’ jelas GSVL.

GSVL-APEKSI2 DENGAN PRESIDENKedua soal pembangunan di Kota Manado, yakni soal pengadaan tanah. Pasalnya, selama ini Pemkot Manado terkendala dalam membangun karena terkait pembebasan lahan yang selalu bermasalah.

“Selama ini kita ada keraguan, ketakutan atas kepastian hukum status tanah. Nah, ini sangat menghambat pemkot untuk membangun. Nah, ini kami pertanyakan kepada pak Presiden bagaimana suapya proses tanah itu tidak mengganggu pembangunan dan bermasalah hokum,’’ ujar suami tercinta Julyeta Paula Lumentut-Runtuwene ini.

Hal lainnya disampaikan GSVL, soal kemaritiman di kepulauan seperti di Manado Tua dan Siladen. “Kami meminta agar warga kepulauan situ juga bisa menikmati listrik tenaga surya atau PLTS. Kemudian masalah transportasi warga disana dalam melakukan aktivitas ke Kota Manado. Ini kami sampaikan secara tertulis,’’ tandas GSVL. (anto reppy)

 

Manado Fiesta 2017