IKLAN

IKSSAT Bernapaskan Budaya dan Adat Nusa Utara


Drs. Edison Humiang, MSi dan Ronny Boham saat memimpin rapat IKSSAT Kota Bitung, Jumat (5/2)

Drs. Edison Humiang, MSi dan Ronny Boham saat memimpin rapat IKSSAT Kota Bitung, Jumat (5/2)

BITUNG-Ikatan Kekeluargaan SITARO Sangihe dan Talaud (IKSSAT) Kota Bitung, lahir atas dasar senasib dan sepenanggungan antar sesama warga Nusa Utara yang berada dalam kondisi memprihatinkan. Saling menolong serta memberikan topangan bagi sesama warga Nusa Utara adalah panggilan jiwa bernafaskan Budaya dan Adat, menjadi tujuan utama lahirnya IKSSAT.

Hal ini ditegaskan oleh Marto Mandak, SH, putra ketua IKSSAT pertama, Jumat (5/2), dalam rapat pengurus IKSSAT Kota Bitung yang bertempat di Aula Kantor Pelni lantai IV. “Jadi IKSSAT bukanlah organisasi tetapi sebuah wadah yang mengkoordinir serta menjalankan amanat ratusan rukun Keluarga dan Kampung dari Nusa Utara yang berada di Kota Bitung, dan harus diingat bahwa IKSSAT telah mendapat pengakuan dari semua warga Nusa Utara yang tersebar diseluruh Indonesia bahkan sampai luar negeri karena IKSSAT hanya ada di Kota Bitung,” jelasnya.

Mandak menambahkan, budaya saling menghargai dan menghormati serta menjunjung tinggi adat Nusa Utara menjadi nafas IKSSAT dalam perjalanannya menolong saudara-saudara yang berada dalam kesusahan, mempersatukan warga Nusa Utara dengan tali kekeluargaan yang rukun dan damai, serta terus membangun komunikasi dengan tiga pemimpin Kabupaten Nusa Utara yakni Bupati SITARO, Sangihe dan Talaud.

“Sangat ironis apabila kondisi yang terbangun atas dasar budaya dan adat ini harus tercemar bahkan hancur hanya karena kegoisan atau kepentingan segelintir orang yang menyelewengkan cita-cita luhur pendiri IKSSAT Kota Bitung dan harapan ratusan rukun, saya mengharapkan pemimpin IKSSAT saat ini untuk mengedepankan budaya dan adat yang tertuang dalam Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga,” harap Mandak.

Rapat IKSSAT ini dipimpin oleh Ketua Umum Drs. Edison Humiang,MSi, didampingi Ketua I Ronny Boham dan Sekretaris John Sineri, yang diikuti oleh kurang lebih 30-an pengurus IKSSAT dan Tokoh-tokoh Nusa Utara. (jones)

 

Manado Fiesta 2017