IKLAN

Humiang: IKSSAT Adalah Lembaga Adat


Drs. Edison Humiang, MSi

Drs. Edison Humiang, MSi

BITUNG-Terkait dengan pelaksanaan Musyawarah Paripurna Luar Biasa (Musparlub) IKSSAT Kota Bitung, Ketua Umum IKSSAT Kota Bitung, Drs. Edison Humiang, MSi, kepada manadoline.com, Rabu (13/1), mengatakan bahwa kegiatan Musparlub tidak sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

“Point-point yang dibacakan terkait dengan pelanggaran yang saya lakukan tidak beralasan, IKSSAT adalah Lembaga Adat, sedangkan yang terjadi pada tanggal 17 September 2015 itu murni urusan Birokrat tidak ada hubungan dengan IKSSAT sebagai Lembaga Adat masyarakat Nusa Utara, point mana yang saya langgar ? ini harus dikongkritkan,” jelas Humiang.

Ia melanjutkan, rumusan pelanggaran yang dilakukan oleh dirinya selaku Ketua Umum harus mengacuh pada Anggaran Dasar dan Rumah Tangga IKSSAT, dan juga harus dibedakan mana urusan dalam kapsitasnya sebagai Ketua Umum dari Lembaga Adat dan kapasitasnya sebagai Birokrat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab Pemerintahan di Kota Bitung.

“Periode kepengurusan IKSSAT Kota Bitung akan berkahir pada bulan November 2016, dalam rangaka mempertahankan eksistensi IKSSAT di Kota Bitung sebagai wadah pemersatu warga Nusa Utara, sekaligus membicarakan program kerja dan agenda lainnya, Dewan Pengurus IKSSAT bersama Dewan Pakar dan Majelis Adat akan menggelar Rapat pada hari Sabtu, tanggal 16 Januari 2016,” pungkasnya.

Sementara itu, beberapa tokoh Nusa Utara mempertanyakan eksistensi Musparlub. “Sebagai masyarakat Nusa Utara, kami sangat peduli dengan IKSSAT sebagai lembaga Adat yang mengedepankan persatuan dan kesatuan serta memperjuangkan kepentingan msyarakat Adat Nusa Utara, Adat harus menjadi pioner dalam pengambilan kebijakan terkait dengan IKSSAT,” ujar Jerry Lumare didampingi Agus Makikama dan Oscar Kambira. (jones)